Pengaruh Kemampuan Metakognisi dan Self Regulated Learning terhadap Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII MTs Darussalam Jember Tahun Pelajaran 2021/2022

Sya'baniyah, Maslahah Nuril (2022) Pengaruh Kemampuan Metakognisi dan Self Regulated Learning terhadap Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII MTs Darussalam Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MASLAHAH NURIL SYA'BANIYAH_NIM.T20187058-1.pdf

Download (9MB)

Abstract

Maslahah Nuril Sya’baniah, 2022: Pengaruh Kemampuan Metakognisi dan Self Regulated Learning terhadap Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII MTs Darussalam Jember Tahun Pelajaran 2021/2022.
Kata kunci: kemampuan metakognisi, self regulated learning, prestasi belajar matematika
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan metakognisi yang sangat berkaitan erat dengan kemampuan kognitif peserta didik dalam proses pembelajaran matematika. Selain itu, diperlukan aspek afektif yang mampu mendukung dan memaksimalkan kemampuan metakognisi peserta didik. Salah satunya adalah self regulated learning (kemandirian belajar). Penilitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan metakognisi, self regulated learning, dan prestasi belajar matematika peserta didik kelas VIII MTs Darussalam Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan metakognisi dan self regulated learning terhadap prestasi belajar matematika matematika peserta didik kelas VIII MTs Darussalam Jember Tahun Pelajaran 2021/2022, baik secara simultan maupun parsial.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan di MTs Darussalam Jember. Penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling dan didapatkan 50 sampel peserta didik kelas VIII. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi dan angket. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial (analisis regresi linier berganda).Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Kemampuan metakognisi peserta didik kelas VIII MTs Darussalam Jember Tahun Pelajaran 2021/2022 berkisar pada kategori sedang (66%) dengan jumlah 33 peserta didik. 2) Self regulated learning peserta didik kelas VIII MTs Darussalam Jember Tahun Pelajaran 2021/2022 berkisar pada kategori sedang (68%) dengan jumlah 34 peserta didik. 3) Prestasi belajar matematika peserta didik kelas VIII MTs Darussalam Jember Tahun Pelajaran 2021/2022 berkisar pada kategori sangat tinggi (78%) dengan jumlah 39 peserta didik. 4) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan metakognisi dan self regulated learning secara simultan terhadap prestasi belajar matematika peserta didik kelas VIII MTs Darussalam Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. 5) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan metakognisi dan self regulated learning secara parsial terhadap prestasi belajar matematika peserta didik kelas VIII MTs Darussalam Jember Tahun Pelajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Maslahah Nuril Sya'baniah
Date Deposited: 28 Jun 2022 07:09
Last Modified: 28 Jun 2022 07:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8009

Actions (login required)

View Item View Item