PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA BERPIKIR TINGKAT TINGGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SMA NEGERI 1 TENGGARANG BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Mea, Pahlevi (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA BERPIKIR TINGKAT TINGGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SMA NEGERI 1 TENGGARANG BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
MEA PAHLEVI (T20171046).pdf

Download (6MB)

Abstract

Mea Pahlevi, 2022: “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil
Belajar Siswa Berpikir Tingkat Tinggi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Tenggarang Bondowoso Tahun Pelajaran
2020/2021”.
Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar, Berpikir Tingkat
Tinggi.
Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tenggarang Bondowoso ditemukan
bahwa guru pendidikan agama Islam banyak yang masih menerapkan teknik
pidato dan sesi tanya jawab, metode tersebut berdampak jenuh terhadap anak
didik dalam mengikuti pembelajaran dan minimnya kesempatan terhadap anak
didik untuk berperan langsung dan berkontribusi dalam proses pembelajaran.
Keadaan ini menyebabkan anak didik kurang dalam meningkatkan keahlian dalam
berpikir tingkat tinggi.
Rumusan masalah ini adalah: 1) Adakah pengaruh pembelajaran berbasis
masalah terhadap hasil belajar siswa berpikir tingkat tinggi pembelajaran
pendidikan agama Islam kelas XI ilmu pengetahuan sosial di SMA Negeri 1
Tenggarang Bondowoso tahun ajaran 2020/2021?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran
berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa berpikir tingkat tinggi pembelajaran
pendidikan agama Islam kelas XI ilmu pengetahuan sosial di SMA Negeri 1
Tenggarang Bondowoso tahun ajaran 2020/2021.
Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif
dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design. Teknik pengumpulan data
melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu uji
normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: Pembelajaran berbasis masalah
berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, ada perbedaan hasil posttest kelompok
kontrol dan kelompok eksperimen. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat
perbedaan yang signifikan antara hasil posttest kelompok kontrol dan kelompok
eksperimen. Yang menunjukkan bahwa adanya pengaruh pembelajaran
pembelajaran berbasis masalah yang signifikan terhadap hasil belajar siswa.
Untuk itu pembelajaran berbasis masalah dapat digunakan guru dalam kegiatan
pembelajaran guna menciptakan suasana pembelajaran yang baru dan
menekankan terhadap berfikir tingkat tinggi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mea Pahlevi Mea
Date Deposited: 28 Jun 2022 04:16
Last Modified: 28 Jun 2022 04:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8010

Actions (login required)

View Item View Item