Sistem Syirkah Pada Layanan GoFood Di Kabupaten Jember (Studi Kasus Dalam Perspektif Maqashid Syariah).

Achmad Farid, - (2021) Sistem Syirkah Pada Layanan GoFood Di Kabupaten Jember (Studi Kasus Dalam Perspektif Maqashid Syariah). Masters thesis, PROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH (ES) PASCASARJANA.

[img] Text
ACHMAD FARID NIM. 0839218001.pdf

Download (27MB)

Abstract

Achmad Farid, 2021, Sistem Syirkah Pada Layanan GoFood Di Kabupaten Jember (Studi Kasus Dalam Perspektif Maqashid Syariah). Tesis, Program Studi Ekonomi Syariah. Pembimbing I: DR. Khamdan Rifa'I, S.E., M.Si, Pembimbing II: DR. H. Aminullah, M.Ag. Kata Kunci: Sistem Syirkah, Layanan GoFood, Maqashid Syariah. Kehadiran aplikasi Gojek berbasis mobile di Kabupaten Jember pada pertengahan tahun 2017 sangat membantu pergerakan perekonomian masyarakat Jember baik bagi restoran mitra, driver maupun user. GoFood adalah salah satu layanan favorit Gojek yang bergerak dalam bidang layanan pesan antar makanan. Masyarakat Jember merupakan masyarakat pandalungan yang mayoritas muslim, menarik untuk diteliti berdasarkan tinjauan Maqashid Syariah. Sistem Jual beli yang digunakan dalam layanan GoFood dengan menggunakan sistem syirkah antara Gojek, restoran mitra dan driver yang bertugas memesan makanan dan mengantar kepada user dengan upah yang sudah ditentukan sangat menarik untuk dianalisis. User juga dapat memilih tekhnik pembayaran, baik tunai maupun GoPay. Penelitian ini bertujuan: 1) untuk menganalisis dan mendiskripsikan mekanisme transaksi layanan GoFood di Kabupaten Jember, 2) untuk menganalisis dan mendiskripsikan sistem syirkah pada layanan GoFood di Kabupaten Jember, 3) untuk menganalisis dan mendiskripsikan layanan GoFood di Kabupaten Jember ditinjau dari Maqashid Syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (case study). Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk analisis data digunakan model Miles dan Huberman. Dan untuk uji validitas data digunakan triangulasi sumber. Adapun hasil penelitian ini yaitu: 1) Mekanisme transaksi layanan GoFood melibatkan 5 unsur antara lain: PT AKAB yaitu Gojek, PT DOKAB yaitu penyelenggara GoPay, Merchant yaitu restoran mitra, driver, dan user. Mekanismenya yaitu user memesan makanan ke restoran mitra melalui layanan GoFood, restoran merespon pesanan. Kemudian Gojek mencarikan driver untuk menjemput dan mengantar pesanan kepada user. Mekanisme transaksi tersebut menimbulkan multi akad menurut hukum syariat Islam, 2) Sistem syirkah jual beli berbasis online pada layanan GoFood menimbulkan akad yang berbeda dari setiap transaksi, adapun akad tersebut antara lain: a) antara Gojek dan PT DOKAB yaitu syirkah uqud dan tergolong dalam syirkah abdan atau syirkah a’mal, b) antara restoran mitra dan PT AKAB yaitu akad ijarah, c) antara driver dan PT AKAB yaitu akad wakalah bil ujrah, d) antara user dan PT AKAB yaitu akad wakalah bil ujrah, e) antara user dan merchant yaitu akad jual beli salam dan istishna’, f) antara driver dan merchant yaitu akad wakalah, g) antara costumer dan driver yaitu akad ijarah. 3) Jual beli berbasis online pada layanan GoFood ditinjau dari Maqashid Syariah berdasarkan 5 aspek sejalan dengan substansi dari maqashid syariah, yaitu: memenuhi hajat manusia dengan merealisasikan mashlahah dan menghindari mafsadat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 28 Jun 2022 04:02
Last Modified: 28 Jun 2022 04:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8023

Actions (login required)

View Item View Item