Implementasi Pembelajaran Kolaboratif dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Melalui Fikih Dan Akidah Akhlak Kelas IX MTs Nurur Rohman Mayang Jember

Khotib, Khotib (2022) Implementasi Pembelajaran Kolaboratif dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Melalui Fikih Dan Akidah Akhlak Kelas IX MTs Nurur Rohman Mayang Jember. Masters thesis, pascasarjana UIN KHAS Jember.

[img] Text
tesis.pdf - Draft Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
Khotib, 2022. Implementasi Pembelajaran Kolaboratif dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Melalui Fikih Dan Akidah Akhlak Kelas IX MTs Nurur Rohman Mayang Jember. Tesis Program Studi Pendidikan Agama Islam. Pascasarjana UIN KHAS Jember. Pembimbing I: Dr. H. Mashudi, M.Pd. Pembimbing II: H. Moch. Imam Machfudi, S.S. M.Pd., Ph.D

Kata Kunci: Pembelajaran Kolaboratif, Keterampilan Sosial.

Untuk lebih menciptakan lingkungan belajaran yang lebih efektif dan kondusif dan memudahkan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran pada masa pandemi covid-19 guru perlu menggunakan model pembelajaran yang bisa membuat siswa tetap aktif dalam proses belajarnya, seperti salah satu model pembelajaran Kolaboratif.
Fokus penelitian yang di kaji yaitu; 1) Bagaimana Implementasi Pembelajaran Kolaboratif Learning Together Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Pada Pelajaran Fikih Dan Akidah Akhlak Siswa Kelas IX MTs Nurur Rohman Mayang? 2) Bagaimana Implementasi Pembelajaran Kolaboratif Group Investigation Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Pada Pelajaran Fikih Dan Akidah Akhlak Siswa Kelas IX MTs Nurur Rohman Mayang?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subyek penelitian dilakukan secara purposive. Teknik pengumpulan data yaitu observasi partisipatif pasif, wawancara terbuka mendalam dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Miles Huberman, pengumpulan data, data kondensasi, penyajian data dan kesimpulan. Adapun untuk keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Dari hasil pembelajaran dengan metode Learning Together di MTs Nurur Rohman, yaitu pertama guru membagi 9 kelompok belajar yang terdiri dari 6 siswa dalam setiap kelompoknya, dan selanjutnya guru memberikan materi untuk di pelajari bersama setiap kelompoknya, dan terbentuklah keterampilan sosial siswa berupa: siswa memiliki tanggung jawab dan mandiri (Self-Related Behavior), peduli antara anggota kelompoknya (Evironmental Behavior), dan memiliki kepribadian yang mudah membantu dan merespon kebutuhan teman dalam belajar (Interpersonal Behavior). 2) Sedangkan untuk Group Investigasi guru fikih dan akidah akhlak tidak membentuk kelompok lagi karena sudah ada sebelumnya, tinggal guru memberikan materi pelajaran untuk di pelajari bersama teman kelompoknya dan di analisa, setelahnya barulah perwakilan dari setiap kelompok di minta untuk menjelaskan hasil diskusinya bersama kelompoknya, dengan hasil keterampilan sosial sebagai berikut; tanggung jawab (Selft-Related Behavior), terampil, mengajukan pertanyaan dan menjawab (Task-Related Behavior), perilaku peduli (Interpersonal Behavior)

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: KHOTIB KHOTIB KHOTIB
Date Deposited: 29 Jun 2022 01:31
Last Modified: 29 Jun 2022 01:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8035

Actions (login required)

View Item View Item