Fatkha Nur Nabila, Fatkha (2022) PEMBELAJARAN AMTSILATI SEBAGAI UPAYA PEMBINAAN KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NAHDLATUTH THALABAH WULUHAN KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Kiai Haji Achmad Siddiq.
Text
FATKHA NUR NABILA.pdf Download (3MB) |
Abstract
Fatkha Nur Nabila, 2022: Pembelajaran Amtsilati Sebagai Standarisasi
Kemampuan Membaca Kitab Kuning di SMK Nahdlatuth Thalabah Wuluhan
Kabupaten Jember.
Kata Kunci: Pembelajaran Amtsilati, Kitab Kuning
Pembelajaran Amtsilati merupakan kegiatan kokurikuler yang diadakan
diluar jam sekolah dengan tujuan memperluas pengetahuan siswa mengenai kemampuan membaca kitab kuning. Metode Amtsilati ini adalah metode cara cepat dan mudah untuk memahami rumus bahasa Arab dan kitab kuning yang di ciptakan oleh KH Taufiqul Hakim pendiri pondok pesantren Darul Falah Sidorejo Bangsri Jepara. Metode Amtsilati ini berfokus pada cara membaca tulisan Arab yang tanpa harokat pada kitab salaf atau biasa disebut kitab kuning.
Fokus masalah yang diteliti pada skripsi ini adalah: 1) Bagaimana
perencanaan pembelajaran Amtsilati sebagai upaya pembinaan membaca kitab kuning di SMK Nahdlatuth Thalabah? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Amtsilati sebagai upaya pembinaan kemampuan membaca kitab kuning di SMK Nahdlatuth Thalabah? 3)Bagaimana evaluasi pembelajaran Amtsilati sebagai Upaya pembinaan kemampuan membaca kitab kuning di SMK Nahdlatuth Thalabah?Tujuan penelitian pada skripsi ini adalah: 1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran Amtsilati sebagai upaya pembinaan kemampuan membaca kitab kuning di SMK Nahdlatuth Thalabah. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Amtsilati sebagai upaya pembinaan kemampuan membaca kitab kuning di SMK Nahdlatuth Thalabah. 3) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran Amtsilati sebagai upaya pembinaan kemampuan membaca kitab kuning di SMK Nahdlatuth Thalabah.
Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini : 1) Perencanaan pembelajaran
Amtsilati terdiri dari 3 langkah yaitu perumusan tujuan, materi dan metode.
Pembelajaran Amtsilati ini adalah program yang dikhususkan hanya untuk siswa yang non pondok. Materinya diambil dari kitab Amtsilati jilid 1-5, Tatimmah 1 dan 2, Qoidah Amtsilati dan Nadzom Amtsilati. Model pembelajaran menggunakan model klasikal. 2) Pelaksanaan pembelajaran Amtsilati terdiri dari 3 langkah yaitu kegiatan pembuka dengan doa dan membaca lalaran nadhom, kegiatan inti yaitu pemberian materi dan kegiatan penutup memberikan pertanyaan seputar materi dan doa bersama. 3) Untuk teknik evaluasi terdiri dari 3 aspek yakni teknik evaluasi, instrumen evaluasi dan hasil. Untuk tekniknya menggunakan lisan dan tulis, instrumen evaluasi menggunakan teknik evaluasi
tulis dan lisan dan hasilnya direkap dalam ijazah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Depositing User: | Fatkha Nur Nabila |
Date Deposited: | 30 Jun 2022 02:55 |
Last Modified: | 30 Jun 2022 02:55 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8142 |
Actions (login required)
View Item |