PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FOCUSKY BERBASIS LEARNING CYCLE 5E PADA MATERI TEKANAN ZAT KELAS VIII SMP/MTs

Ainun, Ilmi (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FOCUSKY BERBASIS LEARNING CYCLE 5E PADA MATERI TEKANAN ZAT KELAS VIII SMP/MTs. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
WATERMAK FIKS.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pengembangan media pembelajaran Focusky berbasis learning cycle 5E
ini dilakukan berdasarkan permasalahan selama pembelajaran IPA yang terjadi
di SMPN 5 Lumajang. Selama proses pembelajaran guru lebih banyak
menggunakan metode ceramah, pengaplikasian Powerpoint dan video yang
diambil dari Youtube sebagai media pembelajaran jarang digunakan. Harapan
siswa pembelajaran IPA disajikan melalui media pembelajaran berbentuk audio
visual dengan menambahkan animasi, video dan gambar agar pembelajaran
lebih menarik sehingga dapat mengurangi kejenuhan ketika pembelajaran
berlangsung. Learning cycle 5E merupakan suatu model pembelajaran yang
berpusat pada siswa (student centered) dengan rangkaian tahapan yaitu engage,
explore, explain, elaboration, dan evaluate sehingga siswa dapat mencapai
kompetensi dalam pembelajaran.
Tujuan penelitian ini yaitu, (1) Mendeskripsikan validitas media
pembelajaran Focusky berbasis learning cycle 5E pada materi Tekanan Zat
kelas VIII di SMPN 5 Lumajang yang dikembangkan; (2) Mendeskripsikan hasil
respons uji siswa terhadap media pembelajaran Focusky berbasis learning cycle
5E pada materi Tekanan Zat kelas VIII di SMPN 5 Lumajang yang
dikembangkan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and
Development) dengan menggunakan model 4–D (Define, Design, Develop, dan
Disseminate) namun penelitian ini terbatas hanya sampai pada tahap develop.
Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif
diperoleh dari skoring yang diberikan oleh validator dan siswa, sedangkan
analisis kualitatif diperoleh dari komentar yang diberikan validator dan siswa
baik secara tertulis maupun tidak tertulis. Subjek dalam penelitian ini terdiri
atas 2 dosen UIN KHAS Jember sebagai ahli materi dan ahli media, 1
guru IPA sebagai ahli pengguna serta uji respons dilakukan pada 31 siswa.
Hasil validasi dari ahli materi didapatkan sebesar 95%, persentase nilai
ahli media sebesar 82,5% dan validasi oleh guru IPA mendapatkan nilai sebesar
85,4%. Dari ketiga hasil validasi tersebut dapat diperoleh nilai rata–rata sebesar
87,6%, hal tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran Focusky berbasis
learning cycle 5E dinyatakan sangat valid. Hasil uji coba respons siswa
diperoleh persentase nilai sebesar 89, 6%. Deskripsi respons siswa terhadap
media dijelaskan dalam bentuk Wordcloud di mana sebagian besar siswa menilai
media pembelajaran mempermudah dalam memahami materi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Depositing User: AINUN ILMI WAHIDAH
Date Deposited: 30 Jun 2022 07:00
Last Modified: 30 Jun 2022 07:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8146

Actions (login required)

View Item View Item