Pengaruh Kemampuan Metakognitif dan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X MIPA di SMA Negeri 3 Jember

Nisa', Zailatun (2022) Pengaruh Kemampuan Metakognitif dan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X MIPA di SMA Negeri 3 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
zela.pdf

Download (4MB)

Abstract

Zailatun Nisa’, 2022. Pengaruh Kemampuan Metakognitif dan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X MIPA di SMA Negeri 3 Jember.

Kata Kunci: Kemampuan Metakognitif, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Hasil Belajar

Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa faktor internal yang mempengaruhi hasil belajar. Salah satu faktor internal yaitu faktor sikap. Faktor sikap terdiri dari kemampuan metakognitif dan berpikir kritis.
Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) bagaimana kemampuan metakognitif siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 3 Jember? 2) bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 3 Jember? 3) bagaimana hasil belajar biologi siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 3 Jember? 4) adakah pengaruh kemampuan metakognitif dan berpikir kritis secara bersama-sama terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 3 Jember? 5) adakah pengaruh kemampuan metakognitif terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 3 Jember? 6) adakah pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 3 Jember?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif kausal yang dilakukan di SMA Negeri 3 Jember. Desain penelitian menggunakan expost facto. Populasi meliputi seluruh siswa kelas X MIPA yang berjumlah 231 siswa. Penentuan jumlah sampel dengan rumus Slovin diperoleh 70 siswa sebagai jumlah minimal sampel, dengan menggunakan teknik cluster random sampling maka diambil sebanyak tiga kelas yang berjumlah 103 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi serta analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) kemampuan metakognitif siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 3 Jember dengan kategori sangat tinggi sebesar 14,6%, kategori tinggi sebesar 52,4% dan kategori sedang sebesar 33%. 2) kemampuan berpikir kritis siswa kelas X di SMA Negeri 3 Jember dengan kategori sangat tinggi sebesar 6,8%, kategori tinggi sebesar 66% dan kategori sedang sebesar 27,2%. 3) hasil Belajar yang diperoleh siswa berupa nilai ulangan tengah semester (UTS) menyatakan bahwa kategori sangat tinggi sebesar 22,3% dan kategori tinggi sebesar 77,7%. 4) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kemampuan metakognitif dan berpikir kritis secara bersama-sama terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 3 Jember. 5) tidak terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan metakognitif terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 3 Jember. 6) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 3 Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Zailatun Nisa'
Date Deposited: 30 Jun 2022 03:28
Last Modified: 30 Jun 2022 03:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8156

Actions (login required)

View Item View Item