Faizatul, Khoiroh (2022) Implementasi metode taqlidy di Institute of Culture and Islamic Studies (ICIS) UIN KHAS Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
FAIZATUL KHOIROH_T20181472.pdf Download (3MB) |
Abstract
Metode taqlidy merupakan salah satu metode pembelajaran kaligrafi yang
masih aktif sampai sekarang. Meskipun metode ini tidak banyak digunakan di
lembaga lain, tetapi masih tetap relevan diterapkan. Salah satunya organisasi
mahasiswa yang menerapkan ialah ICIS UIN KHAS Jember. Fenomena ini unik
karena kebanyakan metode ini hanya diterapkan di lingkungan pondok pesantren
atau lembaga kaligrafi yang dibawah naungan pondok pesantren. Selain itu,
penerapan metode taqlidy disini memiliki penerapan yang sedikit berbeda yang
dimana tidak hanya langsung belajar menulis jenis khat, tetapi akan diajarkan
tahsin kitabah i‟tiyadiyah (kaligrafi dasar).
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana
penerapan metode taqlidy di ICIS divisi kaligrafi UIN KHAS Jember?. 2) Apa
problematika pembelajaran kaligrafi di ICIS divisi kaligrafi UIN KHAS Jember?.
Berdasarkan fokus masalah tersebut peneliti bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan
penerapan metode taqlidy di ICIS divisi kaligrafi UIN KHAS Jember. 2)
mendeskripsikan problematika proses pembelajaran kaligrafi di ICIS divisi
kaligrafi UIN KHAS Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis
penelitian lapangan (studi kasus), dan menggunakan teknik pengumpulan data
yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data
dalam penelitian ini menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Dan
juga, teknik keabsahan data menggunakan dua jenis triangulasi yaitu triangulasi
sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) penerapan metode taqlidy di ICIS divisi
kaligrafi UIN KHAS Jember yakni penerapan yang digunakan di ICIS divisi
kaligrafi ini menggunakan metode taqlidy bermanhaj hamidi yang berarti
pengembangan dari metode taqlidy (klasik) yang disusun dan disebarluaskan oleh
Syaikh Belaid Hamidi. Penerapannya dimulai dari tahap pembelajaran khat yang
lebih mudah, kemudian ke tahap yang lebih sulit, yaitu dimulai dari tahsin kitabah
i‟tiyadiyah yang dimana pembelajaran ini sudah disederhanakan lagi. Kemudian
lanjut ke khat Riq‟ah, Diwani, Diwani Jaly, Ta‟liq, Tsulust, dan Naskhi. 2)
problematika pembelajaran kaligrafi di ICIS divisi kaligrafi ini yaitu ada beberapa
faktor yaitu ada internal dan eksternal. Faktor internal, seperti peserta didik
mempunyai rasa malu, dan mempunyai niat untuk belajar. Sedangkan eksternal,
seperti memiliki kesibukan masing-masing, faktor dari keluarga, dan faktor dari
metodenya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | faizatul khoiroh |
Date Deposited: | 01 Jul 2022 02:33 |
Last Modified: | 01 Jul 2022 02:33 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8197 |
Actions (login required)
View Item |