Implementasi Pembelajaran Fiqh Melalui Kitab Fathul Qorib di Sekolah Menengah Pertama Darussyafaah Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021/2022

Cahya Firdaus, Fitria (2022) Implementasi Pembelajaran Fiqh Melalui Kitab Fathul Qorib di Sekolah Menengah Pertama Darussyafaah Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
Fitria Cahya Firdaus_T20181494.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran fiqh adalah proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik pada suatu lingkungan belajar dalam mempelajari ilmu tentang perbuatan mukallaf melalui pemahaman yang mendalam terhadap dalil-dalil berdasarkan nash (al-Qur’an dan hadist). Dalam hal ini, pembelajaran fiqh menjadi pelajaran yang penting sehingga mengarah kepada tujuan yang hendak dicapai dan memberi motivasi kepada peserta didik agar mampu memahami, melaksanakan, dan mengamalkan hukum Islam yang berkaitan dengan ibadah mahdhoh dan muamalah serta dapat mempraktekkannya dengan benar dalam kehidupan sehari-hari. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran fiqh melalui kitab fathul qorib di Sekolah Menengah Pertama Darussyafaah Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021/2022?. 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran fiqh melalui kitab fathul qorib di Sekolah Menengah Pertama Darussyafaah Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021/2022?. 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran fiqh melalui kitab fathul qorib di Sekolah Menengah Pertama Darussyafaah Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021/2022? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan bagaimana perencanaan pembelajaran fiqh melalui kitab fathul qorib di Sekolah Menengah Pertama Darussyafaah Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021/2022. 2) Mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pembelajaran fiqh melalui kitab fathul qorib di Sekolah Menengah Pertama Darussyafaah Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021/2022. 3) Mendeskripsikan bagaimana evaluasi pembelajaran fiqh melalui kitab fathul qorib di Sekolah Menengah Pertama Darussyafaah Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021/2022 Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus menggunakan teknik pengumpulan data: 1) Observasi 2) Wawancara 3) Dokumentasi. Pengujian keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan dua jenis triangulasi yaitu 1) Triangulasi sumber dan 2) Triangulasi teknik. Dan analisis data dalam penelitian ini menggunakan Miles, Huberman dan Saldana yaitu 1) Kondensasi Data, 2) Penyajian Data dan 3) Penarikan Kesimpulan. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa dalam implementasi pembelajaran fiqh melalui kitab fathul qorib meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Perencanaan pembelajaran fiqh melalui kitab fathul qorib di SMP Darussyafaah mengarah kepada target atau tujuan yang akan dicapai yaitu membaca, menerjemahkan (murod), memahami kaidah nahwu dan kaidah fiqh. Materi pembelajaran dalam Pembelajaran fiqh yaitu Bab Ubudiyah sampai Bab Muamalah. Metode Pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran fiqh melalui kitab fathul qorib yaitu metode klasikal dan individual. Media pembelajaran yang digunakan adalah kitab fathul qorib, spidol, papan tulis, dan buku-buku pendukung lainnya. Adapun pelaksanaan pembelajaran pada pembelajaranfiqh melalui kitab fathul qorib meliputi tiga kegiatan penting yaitu pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. Sedangkan evaluasi pembelajaran pada pembelajaran fiqh melalui kitab fathul qorib menggunakan teknik penilaian secara tes yaitu tes lisan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mis Fitria Cahya Firdaus
Date Deposited: 04 Jul 2022 07:13
Last Modified: 04 Jul 2022 07:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8205

Actions (login required)

View Item View Item