Agustin, Silvia Tiffani (2022) Pengembangan E-LKPD Berbasis Kontekstual Menggunakan Liveworksheets Pada Materi Konflik dan Integrasi Sosial Dalam Kehidupan Sosial Kelas VIII di SMP Negeri 3 Jember. Undergraduate thesis, Uin Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
SILVIA TIFFANI AGUSTIN T20189035.pdf Download (9MB) |
Abstract
Silvia Tiffani Agustin, 2022: Pengembangan E-LKPD Berbasis Kontekstual Menggunakan Liveworksheets pada Materi Konflik dan Integrasi dalam Kehidupan Sosial di SMP Negeri 3 Jember.
Kata Kunci: E-LKPD, Liveworksheets, Konflik dan Integrasi dalam Kehidupan Sosial
Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) merupakan lembar kerja peserta didik berupa lembaran yang berisi petunjuk pelaksanaan tugas yang harus dikerjakan oleh peserta didik dalam pembelajaran dengan mengacu pada kompetensi dasar melalui elektronik digital atau internet. Pemilihan materi pada pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) berbasis kontekstual, peneliti memilih materi konflik dan integrasi dalam kehidupan sosial dikarenakan materi ini banyak ditemukan dikehidupan sehari-hari.
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengembangkan E-LKPD berbasis konteksual menggunakan liveworksheets yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Jember. 2) Untuk mengetahui tingkat kevalidan, tingkat kepraktisan dan tingkat keefektifan E-LKPD berbasis konteksual menggunakan liveworksheets pada materi konflik dan integrasi dalam kehidupan sosial di SMP Negeri 3 Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ASSURE dengan tahapan Analyze leaner characteristics, State standard and objectives, Select strategies and sumber, Utillize resources, Require learner participation, Evaluate and Revise. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket dan soal latihan. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Jember. Instrumen penelitian berupa angket validasi untuk mendapatkan kevalidan dari validator ahli desain, ahli materi dan ahli bahasa. Angket respon peserta didik digunakan untuk mengetahui data kepraktisan. Untuk mengetahui data keefektifan melalui hasil belajar peserta didik.
Penelitian ini sampai simpulan bahwa 1) Pada tingkat kevalidan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) oleh beberapa ahli dengan hasil ahli desain diperoleh skor 72,00%, validator ahli materi memperoleh skor 97,00%, validator ahli bahasa memperoleh skor 92,00%. Maka E-LKPD berbasis Kontekstual Menggunakan Liveworksheets Pada Materi Konflik dan Integrasi dalam Kehidupan Sosial dikatakan “sangat valid” dengan nilai rata-rata sebesar 87,00%. Sehingga produk layak uji cobakan kepeserta didik 2) Tingkat kepraktisan dikatakan sangat praktis dari angket respon peserta didik yaitu mendapatkan nilai rata-rata 92,8% sehingga produk dikatakan “sangat praktis”. 3) Untuk keefektifan dilihat dari hasil belajar peserta didik mendapatkan rata-rata mendapatkan nilai rata-rata 84,00%. Dengan demikian dapat disimpulkan E-LKPD berbasis Kontekstual Menggunakan Liveworksheets pada Materi Konflik dan Integrasi dalam Kehidupan Sosial dikatakan efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Silvia Tiffani Agustin |
Date Deposited: | 30 Jun 2022 08:34 |
Last Modified: | 30 Jun 2022 08:34 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8255 |
Actions (login required)
View Item |