SYAFIULLAH, ANDIKA MOH (2022) Pengaruh media pembelajaran video animasi berbasis storytelling pada materi bunyi terhadap kemampuan kognitif siswa kelas VII SMP/MTs. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text
WATERMAK ANDIKA.pdf Download (18MB) |
Abstract
Banyak siswa yang mengatakan bahwa pelajaran fisika sulit untuk diserap karena berhitung menjadi hal yang akan sering dilakukan saat belajar fisika. Peneliti menyadari ada beberapa permasalahan yang terjadi di MTs Baitul Hikmah Tempurejo, di antaranya yaitu materi yang disampaikan oleh guru masih belum diserap secara sempurna. siswa tidak paham saat guru menyampaikan materi, siswa terlihat kurang aktif dan cenderung pasif di kelas, ini terjadi karena proses belajar di kelas dilakukan secara monoton dan tidak variatif, karena kurang optimalnya bahan ajar yang dipakai guru dalam menyampaikan materi di kelas, guru hanya mengacu pada media yang sudah ada yaitu LKS saja. Berdasarkan permasalahan tersebut, solusi yang dapat ditawarkan adalah menghadirkan media pembelajaran yang relevan yaitu menggunakan media pembelajaran berupa video animasi berbasis storytelling pada materi fisika yaitu bunyi.
Rumusan masalah yang diangkat oleh peneliti adalah 1) Apakah ada pengaruh penggunaan media pembelajaran video animasi berbasis storytelling pada materi bunyi terhadap kemampuan kognitif siswa kelas VIII MTs Baitul Hikmah? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan media pembelajaran video animasi berbasis storytelling pada materi bunyi di MTs Baitul Hikmah?
Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran video animasi berbasis storytelling pada materi bunyi terhadap kemampuan kognitif siswa kelas VIII MTs Baitul Hikmah. 2) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan media pembelajaran video animasi berbasis storytelling pada materi bunyi di MTs Baitul Hikmah.
Digunakan Jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian Quasi Experiment. Dengan desain penelitian Non-equivalent Control Group Design. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non-tes. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan statistik.
Berdasarkan dari hasil penelitian kuantitatif dapat disimpulkan hasil analisis uji T-test hasil belajar melalui nilai post-test siswa diperoleh nilai t-hitung > t-tabel yaitu 2,137 > 2,032 artinya Ha diterima dan H0 ditolak. artinya terdapat pengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan kognitif siswa kelas VIII MTs Baitul Hikmah. Penggunaan media pembelajaran video animasi berbasis storytelling pada materi bunyi di MTs Baitul Hikmah berjalan dengan sangat baik, karena fasilitas yang disediakan memadai untuk dilakukannya pembelajaran menggunakan video animasi, tetapi karena tidak adanya fasilitas proyektor dan pengeras suara yang terpasang di dalam kelas maka guru harus menghubungkan sendiri sehingga kelas menjadi lebih lambat dimulai.
Kata kunci : Pengaruh, storytelling, kognitif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 02 PHYSICAL SCIENCES > 0202 Classical Physics > 020301 Acoustics and Acoustical Devices; Waves 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | Mas Andika Moh Syafiullah |
Date Deposited: | 30 Jun 2022 09:03 |
Last Modified: | 30 Jun 2022 09:03 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8283 |
Actions (login required)
View Item |