IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 KENCONG – JEMBER TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Sugito, Alivia Cahyanun (2022) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 KENCONG – JEMBER TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
T20181319_Alivia Cahyanun Nufus_Skripsi 3x sabtu.pdf

Download (3MB)

Abstract

Alivia Cahyanun Nufus, 2022. Implementasi Strategi Pembelajaran Card Sort
Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII Di SMP
Negeri 1 Kencong – Jember Tahun Pelajaran 2021/2022.
Kata Kunci: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Strategi Pembelajaran Card
Sort
Konteks penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya strategi yang harus
dilakukan oleh seorang guru guna terwujudnya proses pembelajaran yang baik di
dalam kelas. Guru harus menyiapkan strategi tepat guna proses pembelajaran
berjalan dengan baik, harus adanya kreativitas yang dilakukan oleh guru. Salah
satu startegi pembelajaran PAI yang diterapkan di SMP Negeri1 Kencong yakni
strategi pembelajaran Card Sort tujuannya agar siswa aktif dan proses
pembelajaran menyenangkan.
Berdasarkan permasalahan di atas, peneliti berupaya untuk mengungkapkan
secara mendalam tentang implementasi strategi pembelajaran card sort pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Kencong
dengan fokus penelitian: (1) Bagaimana Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Card
Sort Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII di SMP
Negeri 1 Kencong Tahun Pelajaran 2021/2022? (2) Bagaimana Evaluasi Strategi
Pembelajaran Card Sort Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa
Kelas VII di SMP Negeri 1 Kencong Tahun Pelajaran 2021/2022?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian
menggunakan penelitian lapangan (field reserach) menggunakan teknik
pengumpulan data: 1) Wawancara 2) Observasi, dan 3) Dokumenasi. Keabsahan
data pada penelitian ini ada dua macam: 1) Triangulasi sumber, dan 2) Triangulasi
teknik. Dan analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif
Milles dan Huberman
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pelaksanaan Strategi Card Sort pada
mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Kencong Tahun
Pelajaran 2021/2022. Pada pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam
ada beberapa tahapan yaitu pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Di
dalamnya guru menekankan agar siswanya dapat aktif saat proses pembelajaran
berlangsung dengan menggunakan media kartu secara berkelompok. Siswa
menjadi lebih mudah memahami materi Pendidikan Agama Islam dan dapat
mengingat dengan mudah materi yang awalnya dirasa sulit dipahami oleh siswa.
(2) Evaluasi Strategi Card Sort pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di
SMP Negeri 1 Kencong Tahun Pelajaran 2021/2022. Dalam evaluasi ini
menggunakan tiga ranah, yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik. Dalam ranah
kognitif berupa tes tulis dan tes lisan, dalam ranah afektif berupa sikap dan
tingkah laku, dan dalam ranah psikomotorik berupa praktek yang terkait materi
shalat jum’at sub bab ketentuan-ketentuan shalat jum’at.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Depositing User: Alivia Cahyanun Nufus
Date Deposited: 01 Jul 2022 03:34
Last Modified: 01 Jul 2022 03:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8288

Actions (login required)

View Item View Item