Rohmah, Wuwun Dwi Fathur (2022) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATA PELAJARAN FIQIH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTSN 3 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Masters thesis, UIN KHAS JEMBER.
Text (TS-009-PAI-2024)
SKRIPSI WUWUN DWI FATHUR ROHMAH T20181320 fix.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Wuwun Dwi Fathur Rohmah, 2022: Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Mata Pelajaran Fiqih Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Di MTsN 3 Jember Tahun Pelajaran2021/2022
Kata kunci: Implemetasi, Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Motivasi Belajar.
Dari zaman dahulu hingga sekarang pendidikan memiliki peran penting dalam mengembangkan potensi diri manusia. Karena melalui pendidikan, kualitas diri manusia juga akan mengalami peningkatan. Dalam hal ini pendidik adalah pemimpin, tidak sedikit pendidik dalam dunia pedidikan hanya mementingkan formalitas kepengajaran tanpa memperhatikan kualitas belajar siswa. Salah satu strategi yang digunakan guru dalam mengajar khususnya pembelajaran Fiqih yaitu model pembelajaran inkuiri terbimbing. Model pembelajaran inkuiri terbimbing merupakan suatu proses pembelajaran yang diawali dengan merumuskan suatu masalah, megembangkan hipotesis, megumpulkan bukti, menguji hipotesis, menarik kesimpulan sementara, dan menguji kesimpulan sementara tersebut sampai pada kesimpulan yang diyakini kebenarannya serta selama penerapan model pembelajaran ini guru juga memberikan bimbingan kepada siswa.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing siswa kelas VIII di MTsN 3 Jember tahun pelajaran 2021/2022? 2) Bagaimana peningkatan motivasi belajar siswa kelas VIII di MTsN 3 Jember tahun pelajaran 2021/2022? 3) Bagaimana implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meingkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII di MTsN 3 Jember tahun pelajaran 2021/2022?
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing siswa kelas VIII di MTsN 3 Jember tahun pelajaran 2021/2022. 2) Mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa kelas VIII di MTSN 3 Jember tahun pelajaran 2021/2022. 3) Mendeskripsikan implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meingkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII di MTsN 3 Jember tahun pelajaran 2021/2022.
Untuk mencapai tujuan di atas, maka peneliti meggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Penentuan subyek penelitiannya menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing/verification). Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Guru melakukan tanya jawab bersama siswa, kemudian mengumpulkan data materi pelajaran untuk melatih siswa berpikir kritis dan logis dalam menemukan jawaban dari pertanyaan yang diajukan. 2) Memberikan nasihat atau menceritakan kisah dari tokoh-tokoh inspiratif, memberikan reward dan hukuman serta memberikan bimbingan untuk mendekatkan hubungan antar guru dengan siswa. Dengan adanya hadiah, hukuman, dan bimbingan dengan penuh kesabaran dapat meningkatkan motivasi ekstrinsik kepada siswa. 3) Langkah-langkah Implementasi model pembelajaran inkuri terbimbing dikolaborasikan dengan pemberian reward, hukuman, dan stimulus terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Wuwun Dwi Fathur Rohmah |
Date Deposited: | 01 Jul 2022 03:39 |
Last Modified: | 30 Aug 2024 02:33 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8289 |
Actions (login required)
View Item |