Peran guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadis dalam mengembangkan soft skill siswa di MTs Ma’arif NU Kencong tahun pelajaran 2021/2022

Sholeha, Dewi (2022) Peran guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadis dalam mengembangkan soft skill siswa di MTs Ma’arif NU Kencong tahun pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
DEWI SHOLEHA_T20181157.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dewi Sholeha, 2022: Peran Guru Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis dalam Mengembangkan Soft Skill Siswa di MTs Ma’arif NU Kencong Tahun Pelajaran 2021/2022.
Kata kunci: Peran Guru, Al-Qur’an Hadis, Soft Skill.

Perkembangan arus globalisasi pada saat ini menuntut semua bidang kehidupan khususnya dalam penyelenggaran pendidikan untuk menyesuaikan dengan visi, misi, tujuan serta strategi agar dapat mengimbangi dengan kebutuhan dan tidak tertinggal oleh kemajuan zaman. Pendidikan yang dilaksanakan dominan lebih mementingkan pengetahuan intelektual peserta didik saja, akan tetapi kemampuan kepribadian yang dimiliki tidak dikembangkan. Banyak orang yang berpengetahuan tinggi, namun tidak peduli dengan sekitarnya. Oleh karena itu, kemampuan soft skill ini harus berjalan berdampingan dengan pengetahuan intelektual.
Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti berupaya untuk mengungkapkan secara mendalam tentang: 1) Bagaimana peran guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadis sebagai Educator dalam mengembangkan soft skill siswa di MTs Ma’arif NU Kencong? 2) Bagaimana peran guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadis sebagai Innovator dalam mengembangkan soft skill siswa di MTs Ma’arif NU Kencong?.

Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Mendeskripsikan peran guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadis sebagai Educator dalam mengembangkan soft skill siswa di MTs Ma’arif NU Kencong. 2) Mendeskripsikan peran guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadis sebagai Innovator dalam mengembangkan soft skill siswa di MTs Ma’arif NU Kencong.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif dengan model Miles, Hubermen, dan Saldana yaitu kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Uji keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Peran guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadis sebagai educator dalam mengembangkan soft skill siswa di MTs Ma’arif NU Kencong adalah guru membedakan antara mengajar dan mendidik, mengingatkan siswa agar tidak lupa membaca Al-Qur’an, memberikan contoh tokoh teladan, dan nasihat mengenai kedisiplinan dan tanggung jawab. 2) Peran guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadis sebagai innovator dalam mengembangkan soft skill siswa di MTs Ma’arif NU Kencong melalui beberapa metode antara lain metode cooperative learning, metode classical, penayangan video teladan, metode 6 M, kegiatan pagi bersalaman dengan guru di gerbang Madrasah, metode pembiasaan, pembiasaan spontan, pembiasaan terprogram dan pembiasaan teladan. Disisi lain visi MTs Ma’arif NU Kencong sangat berkaitan dalam mengembangkan soft skill siswa yaitu unggul prestasi berpijak pada nilai-nilai islami dan akhlaqul karimah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dewi Dewi Sholeha
Date Deposited: 04 Jul 2022 08:22
Last Modified: 04 Jul 2022 08:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8314

Actions (login required)

View Item View Item