Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Aplikasi Android Pada Materi Tata Surya Untuk Mendukung Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19.

Alfiyatut Thuyyiba, - (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Aplikasi Android Pada Materi Tata Surya Untuk Mendukung Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris IPA.

[img] Text
Alfiyatut Thuyyiba_T201710091.pdf

Download (8MB)

Abstract

Alfiyatut Thuyyiba,2021: Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Aplikasi Android Pada Materi Tata Surya Untuk Mendukung Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Kata Kunci: Mobile Learning, Aplikasi Android, Tata Surya Studi pendahuluan di MTs. Miftahul Ulum Rambipuji menemukan fakta bahwa selama pembelajaran daring masih ditemukan siswa yang pasif dan hanya menunggu tugas dari guru tanpa memahami materi terlebih dahulu. Oleh karena itu, berdasarkan kondisi tersebut perlu adanya pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis android yang di harapkan dapat menjadi pendukung untuk pembelajaran daring selama pandemi COVID-19 pada materi Tata Surya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan validitas pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis aplikasi android pada materi Tata Surya untuk mendukung pembelajaran daring selama pandemi Covid-19, serta untuk mendeskripsikan hasil respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis aplikasi android pada materi Tata Surya di tingkat SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D ( Research & Development) dengan menggunakan model yang diadopsi oleh Thiagarajan, yakni 4-D diantaranya define, design, development, dan dessimination. Namun tahapannya hanya di batasi hingga pada tahap development. Instrument yang digunakan adalah skala likert dangan 5 kategori yang disusun dalam bentuk checklist. Ada 3 validator dalam validasi penelitian ini, satu validator ahli media, satu validator ahli materi, dan satu guru IPA, dan 30 siswa kelas VII MTs. Miftahul Ulum Rambipuji sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran mobile learning berbasis aplikasi android berdasarkan penilaian ahli materi memenuhi validasi 92,5%, ahli media memenuhi validasi 88%, guru memenuhi validasi 87,77%, dan respon siswa menyatakan menarik 96,07%, sehinga media yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid dan menarik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 30 Jun 2022 06:53
Last Modified: 30 Jun 2022 06:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8320

Actions (login required)

View Item View Item