Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Religius di Madrasah Tsanawiyah Al Amien Ambulu Jember

Hidayat, Fajar (2022) Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Religius di Madrasah Tsanawiyah Al Amien Ambulu Jember. Masters thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
FAJAR HIDAYAT 0849318034 WATERMARK.pdf

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK
Fajar Hidayat, 2022. Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Religius di Madrasah Tsanawiyah Al Amien Ambulu Jember. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

Kata kunci : Pendidikan Karakter, Budaya Religius

Budaya religius merupakan salah satu bentuk nyata dari implementasi pendidikan karakter di madrasah. Upaya tersebut, untuk mentradisikan perilaku positif (akhlak al-karimah) kepada siswa. Sehingga, budaya religius dapat terwujud melalui nilai-nilai agamis, prilaku, aktivitas, dan simbol-simbol religius (Islami) yang didukung oleh komponen pendidikan lainnya.
Fokus penelitian yang dikaji yaitu: (1) Bagaimana Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Beribadah di Madrasah Tsanawiyah Al Amien Ambulu Jember? (2) Bagaimana Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Kejujuran di Madrasah Tsanawiyah Al Amien Ambulu Jember? (3) Bagaimana Implementasi Pendidikan Karakter Melalui budaya Kedisiplinan di Madrasah Tsanawiyah Al Amien Ambulu Jember?
Tujuan dari Penelitian ini yaitu (1) Mendeskripsikan Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Beribadah di Madrasah Tsanawiyah Al Amien Ambulu Jember, (2) Mendeskripsikan Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Kejujuran di Madrasah Tsanawiyah Al Amien Ambulu Jember, (3) Mendeskripsikan Implementasi Pendidikan Karakter Melalui budaya Kedisiplinan di Madrasah Tsanawiyah Al Amien Ambulu Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian penelitian lapangan (field research). Penentuan subjek penelitian dengan teknik Purposive, teknik pengumpulan data dengan observasi partisipasi pasif, wawancara menggunakan semi terstruktur, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles, Huberman dan saldana meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.
Temuan penelitian ini adalah: (1) Implementasi pendidikan karakter melalui budaya beribadah yaitu dengan penanaman dan pembiasaan Sholat dhuha dan sholat dhuhur berjamaah dalam kehidupan sehari-hari, (2) Implementasi pendidikan karakter melalui budaya kejujuran yaitu pembudayan kejujuran mulai hal yang terkecil salah satunya dengan adanya kantin kejujuran, (3) Implementasi pendidikan karakter melalui budaya kedisiplinan yaitu pembiasaan tepat waktu masuk sekolah dengan tujuan supaya peserta didik dapat tepat waktu dalam segala hal, tata tertib berpakaian sesuai ketentuan yang berlaku, mengumpulkan tugas dengan tepat waktu guna membudayakan peserta didik dalam kedisiplinan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Fajar Hidayat
Date Deposited: 01 Jul 2022 08:17
Last Modified: 01 Jul 2022 08:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8321

Actions (login required)

View Item View Item