Penerapan Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Flipped Classroom Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Suboh Situbondo Tahun Pelajaran 2021/2022.

Ana Mustafidhah, - (2021) Penerapan Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Flipped Classroom Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Suboh Situbondo Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Matematika.

[img] Text
ANA MUSTAFIDHAH_T20157043.pdf

Download (13MB)

Abstract

Ana Mustafidhah, 2021: Penerapan Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Flipped Classroom Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Suboh Situbondo Tahun Pelajaran 2021/2022. Kata Kunci: Flipped Classroom, Pandemi Covid-19. Dewasa ini dunia dikejutkan dengan mewabahnya suatu penyakit pandemi global yang disebabkan oleh virus Covid-19 (Corona Virus Diseases-19). Pada dunia pendidikan, dampak dari adanya Covid-19 memaksa berbagai pihak untuk mengikuti alur yang sekiranya bisa ditempuh agar pembelajaran berlangsung dengan baik tanpa mengganggu atau melanggar kebijakan pada masa pandemi Covid-19. Salah satu bentuk inovasi yang dilakukan guru di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Suboh Situbondo yaitu dengan diterapkannya pembelajaran menggunakan model flipped classroom atau pembelajaran kelas terbalik. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini: Bagaimana perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi pembelajaran matematika menggunakan model flipped classroom masa pandemi Covid-19 kelas XII MIPA 4 di SMA di Negeri 1 Suboh Situbondo tahun pelajaran 2021/2022? Berdasarkan fokus penelitian tersebut, maka peneliti bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran matematika menggunakan model flipped classroom masa pandemi Covid-19 kelas XII MIPA 4 di SMA Negeri 1 Suboh Situbondo tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi kelas XII MIPA 4 di SMA Negeri 1 Suboh dan wawancara terhadap kepala sekolah, guru matematika wajib kelas XII MIPA 4, dan peserta didik dengan prestasi belajar sedang dan tinggi berdasarkan nilai akhir semester genap, nilai ulangan harian terakhir, dan frekuensi kehadiran peserta didik ketika mengikuti proses pembelajaran. Selain itu, penelitian ini juga mengumpulkan data dengan cara dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik analisis data menurut Miles dan Huberman. Keabsahan data diperoleh menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran menggunakan model flipped classroom masa pandemi Covid-19 adalah 1) perencanaan dilakukan dengan membuat silabus dan RPP secara bersama-sama di forum MGMP sekolah. 2) Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan tetap menerapkan kebijakan masa pandemi Covid-19 dan disesuaikan dengan karakteristik pembelajaran model flipped classroom. 3) Evaluasi pembelajaran dilakukan menggunakan media online berupa Google Form untuk mempermudah pelaksanaan evaluasi pembelajaran masa pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 30 Jun 2022 08:46
Last Modified: 30 Jun 2022 08:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8353

Actions (login required)

View Item View Item