Strategi guru dalam menciptakan meaningfull learning pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas VII madrasah tsanawiyah al-huda sukorejo bangorejo banyuwangi tahun pelajaran 2021/2022

Mahfudhoh, Hani'atul (2022) Strategi guru dalam menciptakan meaningfull learning pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas VII madrasah tsanawiyah al-huda sukorejo bangorejo banyuwangi tahun pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Uin kaii haji achmad siddiq jember.

[img] Text
HANI'ATUL MAHFUDHOH T20181137 .pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Hani’atul Mahfudhoh, 2022: Strategi Guru Dalam Menciptakan Meaningfull
Learning Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VII Madrasah Tsanawiyah
Al-Huda Sukorejo Bangorejo Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021/2022.
Kata kunci: Strategi Guru, Meaningfull Learning, Mata Pelajaran Aqidah Akhlak
Proses pembelajaran mata pelajaran aqidah akhlak dalam praktiknya masih
didominasi dengan metode ceramah yang membuat kelas menjadi pasif karena siswa
hanya mampu menerima materi yang berhenti pada hafalan, sehingga membuat materi
akan diterima secara kognitif saja. Mengingat materi aqidah akhlak yang diajarkan
harus bisa dimaknai dan diterapkan dalam kehidupan peserta didik. Untuk itu
dibutuhkan meaningfull learning dengan menggunakan strategi yang dilakukan guru.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi pengorganisasian guru dalam
menciptakan meaningfull learning pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas VII
Madrasah Tsanawiyah Al-Huda Sukorejo Bangorejo Banyuwangi?. 2) Bagaimana
strategi penyampaian guru dalam menciptakan meaningfull learning pada mata
pelajaran aqidah akhlak kelas VII Madrasah Tsanawiyah Al–Huda Sukorejo Bangorejo
Banyuwangi ?,3) Bagaiaman strategi pengelolaan guru dalam menciptakan meaningfull
learning pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas VII Madrasah Tsanawiyah Al – Huda
Sukorejo Bangorejo Banyuwangi ?
Tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk mendeskripsikan strategi
pengorganisasian guru dalam menciptakan meaningfull learning pada mata pelajaran
aqidah akhlak kelas VII Madrasah Tsanawiyah Al-Huda Sukorejo Bangorejo
Banyuwangi, 2) untuk mendeskripsikan strategi penyampaian guru dalam menciptakan
meaningfull learning pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas VII Madrsah Tsanawiyah
Al-Huda Sukorejo Bangorejo Banyuwangi, 3) untuk mendeskripsikan strategi
pengelolaan guru dalam menciptakan meaningfull learning pada mata pelajaran aqidah
akhlak kelas VII Madrasah Tsanawiyah Al-Huda Sukorejo Bangorejo Banyuwangi.
Penelitian merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik
analisis data penelitian menggunakan model analisis Milles, Hubermen, and Saldana.
Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Simpulan penelitian ini adalah : 1) strategi pengorganisasian pembelajaran
dengan mengorganisasi materi pelajaran secara keseluruhan dan mengorganisasi
permateri yang tertuang pada silabus dan RPP. 2) strategi penyampaian menggunakan
media pembelajaran berupa guru, LKPD, papan tulis, poster asmaul husnadan al-qur‟an.
Interaksi peserta didik dengan media tidak semua peserta didik memperhatikan dan bisa
menyerap materi. Bentuk belajar dilakukan dengan klasikal. 3) strategi pengelolaan
menggunakan jadwal dari madrasah, guru hanya menyusun jadwal
penilaian. Pembuatan catatan kemajuan belajar peserta didik dengan penilaian individu.
Pengelolaan motivasi dengan menjelaskan tujuan pembelajaran, pemberian nasehat, dan
penilaian setiap tugas dan penilaian langsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Depositing User: hani'atul mahfudhoh
Date Deposited: 09 Aug 2022 02:36
Last Modified: 09 Aug 2022 02:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8354

Actions (login required)

View Item View Item