Pelaksanaan Program Tahfidz Al-Qur'an dalam Membentuk Karakter Siswa di SMPN 1 Bondowoso

QURROTUL AFIDAH, DEWI (2022) Pelaksanaan Program Tahfidz Al-Qur'an dalam Membentuk Karakter Siswa di SMPN 1 Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
DEWI QURROTUL AFIDAH_T20181115.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Dewi Qurrotul Afidah, 2022: Pelaksanaan Program Tahfidz Al-Qur’an dalam Membentuk Karakter Siswa di SMPN 1 Bondowoso. Kata Kunci: Program, Tahfidz Al-Qur’an, Karakter Siswa. Program tahfidz Al-Qur’an yang dilaksanakan di SMPN 1 Bondowoso merupakan program unggulan yang diselenggarakan secara mandiri. Pelaksanaan program tahfidz di SMPN 1 Bondowoso dilatarbelakangi oleh beberapa hal. Pertama, mendukung program tahfidz Al-Qur’an pemerintah daerah Kabupaten Bondowoso, yaitu BMA (Bondowoso Menghafal Al-Qur’an) dan Gerakan Kembali ke Musala. Kedua, memfasilitasi siswa yang ingin meneruskan hafalan dari sekolah sebelumnya. Ketiga menjadikan SMPN 1 Bondowoso memiliki nilai unggul sebagai sekolah negeri yang mampu melaksanakan program tahfidz Al-Quran. Keempat, sebagai jembatan dalam mewujudkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang berkualitas dari segi akhlak, iman, dan taqwa. Fokus penelitian yang diteliti yaitu: 1) Bagaimana pelaksanaan program tahfidz Al-Qur’an dalam membentuk nilai karakter disiplin siswa? 2) Bagaimana pelaksanaan program tahfidz Al-Qur’an dalam membentuk nilai karakter tanggung jawab siswa? 3) Bagaimana pelaksanaan program tahfidz Al-Qur’an dalam membentuk nilai karakter kerja keras siswa? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian field research atau biasa dikenal dengan penelitian lapangan. Penentuan subjek dalam penelitian ini menerapkan teknik purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.Analisa data dalam penelitian ini terdiri dari 3 tahap yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini memiliki kesimpulan akhir: 1) Pembentukan nilai karakter disiplin siswa di SMPN 1 Bondowoso melalui program tahfidz Al-Qur’an sudah terlaksana dengan baik.ditunjukkan dari hal-hal berikut: disiplin waktu, disiplin peraturan dan tata tertib kelas tahfidz, serta disiplin setoran. Penanaman nilai karakter disiplin diterapkan dengan cara pemberian motivasi dan sanksi. 2) Pembentukan nilai karakter tanggung jawab siswa di SMPN 1 Bondowoso melalui program tahfidz Al-Qur’an sudah terlaksana dengan baik ditunjukkan dari hal-hal berikut; berkomitmen untuk istiqomah menghafal Al-Qur’an, menyerahkan setoran sesuai ketentuan dan petunjuk yang ada, sadar dan mandiri untuk selalu menjaga hafalan. Siswa telah memenuhi tanggung jawab kepada Allah, diri sendiri, dan ustaz. Metode menghafal yang digunakan dalam rangka membentuk karakter tanggung jawab ialah metode talaqqi, muroja’ah, dan sima’i. 3) Pembentukan nilai karakter kerja keras siswa di SMPN 1 Bondowoso melalui program tahfidz Al-Qur’an sudah terlaksana dengan baik ditunjukkan dari hal-hal berikut; memiliki semangat tinggi dalam menghafal, tidak menunda-nunda setoran, menuntaskan hafalan dengan baik, dan pantang menyerah saat sulit menghafal. Penanaman nilai karakter kerja keras dengan pemberian motivasi, apresiasi, dan membantu siswa yang kesulitan menghafal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: DEWI QURROTUL AFIDAH
Date Deposited: 09 Aug 2022 02:36
Last Modified: 09 Aug 2022 02:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8356

Actions (login required)

View Item View Item