Implementasi Program Sistem Kredit Semester Pada Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lumajang Tahun Pelajaran 2018/2019

Feronita Prasetya Ningrum, - (2021) Implementasi Program Sistem Kredit Semester Pada Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lumajang Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
FERONITA PRASETYA NINGRUM_084 141 474.pdf

Download (21MB)

Abstract

Feronita Prasetya Ningrum, 2021: Implementasi Program Sistem Kredit Semester Pada Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lumajang Tahun Pelajaran 2018/2019 Penerapan SKS di sekolah/madrasah merupakan salah satu upaya inovatif untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui layanan yang bervariasi agar dapat melayani dan memfasilitasi kebutuhan dan potensi peserta didik yang beragam dalam hal seperti bakat, minat, dan kemampuan belajarnya. Secara tidak langsung sekolah/madrasah menjadi alat untuk mengakomodasi peserta didik dalam mencapai pembelajaran yang menyesuaikan kemampuannya sehingga diharapkan terciptanya pembelajaran yang optimal dan hasil belajar yang maksimal. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan program Sistem Kredit Semester pada peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lumajang? (2) Bagaimana pelaksanaan program Sistem Kredit Semester pada peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lumajang? (3) Bagaimana evaluasi program Sistem Kredit Semester pada peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lumajang? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan perencanaan program Sistem Kredit Semester pada peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lumajang. (2) Mendeskripsikan pelaksanaan program Sistem Kredit Semester pada peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lumajang. (3) Mendeskripsikan evaluasi program Sistem Kredit Semester pada peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lumajang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian menggunakan purposive dan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dengan langkah reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian: (1) Mengajukan izin penyelenggaraan ke Kanwil propinsi, membentuk tim pelaksana, mensosialisasikan program SKS secara internal dan eksternal, mengadakan Olimpiade untuk mencari bibit peserta didik yang berpotensi, serta seleksi awal jalur prestasi dengan tes intelengensi. (2) Menggunakan struktur kurikulum 2013, mempersiapkan pembelajaran dengan merancang silabus, RPP, melakukan pembelajaran dan penilaian. Pengisian KRS dan pengambilan beban belajar yang disediakan madrasah dengan didampingi oleh wali kelas/pembimbing akademik. (3) Tindak lanjut penilaian yaitu remidial dan Semester Pendek, pelaksanaannya tergantung dari guru mata pelajaran masing-masing. Hambatan-hambatan yang muncul dari evaluasi hasil adalah menurunnya motivasi belajar peserta didik menengah kebawah dan belum maksimalnya pendidik dalam memahami psikologi peserta didik. Dan hasil dari visitasi Kanwil propinsi menyatakan MTsN 1 Lumajang layak untuk melanjutkan program SKS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 30 Jun 2022 08:47
Last Modified: 30 Jun 2022 08:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8360

Actions (login required)

View Item View Item