PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EXPLOSION BOX PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI MTsN 1 BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Raudatul, Munawarah (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EXPLOSION BOX PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI MTsN 1 BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
WATERMAK AUDI T20189016.pdf

Download (8MB)

Abstract

Raudatul Munawarah, 2022 : Pengembangan MediaPembelajaranExplosionBox pada MataPelajaran IPS Kelas VII di MTsN 1 Bondowoso TahunPelajaran 2021/2022.

Kata Kunci : Pengembangan, Media Explosion Box, Mata Pelajaran IPS
Media explosion box merupakan sebuah media berbentuk kotak yangketika kotaktersebut dibukamaka setiap sisiakan terbuka dengan sendirinya dan menampilkan tulisan berserta gambar berdasarkan tema yang akan dipelajari. Pemilihan materi pada pengembangan media explosion box, peneliti memilih materi Kehidupan Masyarakat pada Masa Hindu-Buddha dikarenakan materi ini yang sulit dipahami oleh peserta didik.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana proses pengembangan media pembelajaran explosion box pada mata pelajaran IPS kelas VII di MTsN 1 Bondowoso tahun pelajaran 2021/2022 ? 2) Bagaimana efektivitas penggunaan media pembelajaran explosion box pada mata pelajaran IPS kelas VII di MTsN 1 Bondowoso tahun pelajaran 2021/2022 ?
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran explosion box pada mata pelajaran IPS kelas VII di MTsN 1 Bondowoso tahun pelajaran 2021/2022. 2) Mendeskripsikan efektivitas penggunaan media pembelajaran explosion box pada mata pelajaran IPS kelas VII di MTsN 1 Bondowoso tahun pelajaran 2021/2022.
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yakni analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII di MTsN 1 Bondowoso. Instrument penelitian ini berupa lembar validasi untuk mendapatkan data kevalidan yang terdiri validator ahli media, ahli materi dan ahli bahasa. Untuk mendapatkan data kepraktisan melalui angket respon peserta didik dan untuk mendapatkan data keefektivan media diperoleh dari tes hasil belajar siswa.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa : 1) Media explosion box dikembangkan dengan model ADDIE yang terdiri dari lima langkah yakni analisis, desain, development, implementasi dan evaluasi. Media dikembangkan menyesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik. 2) media explosion box yang dikembangkan pada mata pelajaran IPS telah dinyatakan sangat valid dan layak untuk digunakan dengan perolehan skor rata-rata 82% dari ahli media memperoleh skor rata-rata 91%, ahli materi memperoleh skor 75%, dan dari ahli bahasa memperoleh skor 80%. Hasil dari uji kepraktisan menunjukkan bahwa media pembelajaran sangat praktis dengan perolehan skor rata-rata 97%. Penilaian uji efektivitas dengan melihat ketuntasan klasikal memperoleh hasil yang dinyatakan sangat efektif dengan perolehan skor rata-rata 82%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Depositing User: Raudatul Munawarah
Date Deposited: 01 Jul 2022 09:27
Last Modified: 01 Jul 2022 09:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8375

Actions (login required)

View Item View Item