Pengaruh Persistence (Ketekunan) Belajar Biologi Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Animalia Kelas X MIPA di MAN 1 Jember Tahun Pelajaran 2021/2022

Afifah, Lu'lu' (2022) Pengaruh Persistence (Ketekunan) Belajar Biologi Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Animalia Kelas X MIPA di MAN 1 Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Lu'lu' Afifah_T20178022.pdf

Download (5MB)

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh persistence (ketekunan) merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Persistence (ketekunan) merupakan keseriusan dalam proses pembelajaran yang bertujuan untuk meraih hasil yang terbaik. Materi animalia merupakan salah satu bab dalam mata pelajaran biologi yang dianggap sulit oleh siswa. Siswa yang serius dalam belajar dan tidak mudah menyerah akan memperoleh hasil belajar yang maksimal. Sehingga meningkatkan persistence (ketekunan) penting bagi siswa supaya dapat meningkatkan hasil belajar terutama pada materi animalia.
Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana persistence (ketekunan) belajar biologi siswa pada materi animalia kelas X MIPA di MAN 1 Jember Tahun Pelajaran 2021/2022? 2) Bagaimana hasil belajar siswa pada materi animalia kelas X MIPA di MAN 1 Jember Tahun Pelajaran 2021/2022? 3) Adakah pengaruh persistence (ketekunan) belajar biologi terhadap hasil belajar siswa pada materi animalia kelas X MIPA di MAN 1 Jember Tahun Pelajaran 2021/2022?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kunatitatif dengan jenis penelitian asosiatif kausal, menggunakan metode survey yang dilakukan di MAN 1 Jember. Populasi meliputi siswa kelas X MIPA. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 75 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan clauster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS version 25.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Persistence (ketekunan) belajar biologi siswa kelas X MIPA di MAN 1 Jember Tahun Pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 75 siswa diperoleh hasil dengan kategori sangat tinggi sebesar 52% dan kategori tinggi sebesar 48%. 2) Hasil belajar siswa pada materi animalia siswa kelas X MIPA di MAN 1 Jember Tahun Pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 75 siswa diperoleh hasil dengan kategori sangat tinggi sebesar 44% dan kategori tinggi sebesar 56%. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan persistence (ketekunan) belajar biologi terhadap hasil belajar siswa pada materi animalia siswa kelas X MIPA di MAN 1 Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Hasil uji statistik F pada vaiabel persistence (ketekunan) diperoleh nilai F hitung > F tabel (416,339 > 3,97) dengan sig 0,000 < 0,05. Hasil uji statistik t pada variabel persistence (ketekunan) diperoleh nilai t hitung > t tabel (20,404 > 1,993) dengan sig 0,000 < 0,05.

Kata kunci : Persistence (Ketekunan), Hasil Belajar, Animalia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ms Lu'lu' Afifah
Date Deposited: 05 Jul 2022 09:28
Last Modified: 05 Jul 2022 09:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8390

Actions (login required)

View Item View Item