Muhamad Fathurrohman, - (2021) Manajemen Pembelajaran Daring (Dalam Jaringan) Pada Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Aliyah AlBarokah Tunggak Cerme Probolinggo. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam.
Text
MUHAMAD FATHURROHMAN_T20173063.pdf Download (5MB) |
Abstract
Muhamad Fathurrohman, T20173063: Manajemen Pembelajaran Daring (Dalam Jaringan) Pada Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Aliyah AlBarokah Tunggak Cerme Probolinggo Kata kunci: Manajemen, Pembelajaran daring, Pandemi covid-19 Pandemi covid-19 merubah sistem pembelajaran yang awalnya dengan tatap muka kini di ganti dengan sistem daring atau online. Pembelajaran daring menjadi alternatif untuk tetap melaksanakan pembelajaran pada saat pandemi. Adapun Fokus penelitian ini antara lain: (1) Bagaimana manajemen pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di Madrasah Aliyah AlBarokah Tunggak Cerme Probolinggo?, (2) Apa faktor pendukung dan penghambat pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di Madrasah Aliyah Al-Barokah Tunggak Cerme Probolinggo? Tujuan penelitian adalah untuk: (1) Untuk mendeskripsikan manajemen pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di Madrasah Aliyah AlBarokah Tunggak Cerme Probolinggo, (2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di Madrasah Aliyah Al-Barokah Tunggak Cerme Probolinggo. Adapun pendekatan penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Jenis penelitian menggunakan field research yaitu penelitian lapangan, dapat juga sebagai pendekatan luas dalam penelitian kualitatif atau sebagai metode untuk mengumpulkan data kualitatif. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di Madrasah Aliyah AlBarokah ini terdiri dari menyiapkan RPP yang disesuaikan dengan kurikulum darurat covid-19, aplikasi daring, mesukkan nomer telepon WA aktif peserta didik kedalam group kelas daring, menyiapkan paket data guru dan peserta didik, serta menunjang fasilitas wifi madrasah. (2) Pelaksanaan pembelajaran daring ini sama dengan pembelajaran seperti biasanya yaitu memuat kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Hanya saja materi yang disampaikan guru memanfaatkan aplikasi. (4) Evaluasi pembelajaran daring dilakukan guru denganmemberikan penugasan kepada peserta didik berupa tugas harian dengan memanfaatkan grup WA, penilaian tengah semester (PTS) dan penilaian akhir semester (PAS) secara daring. Dimana bentuk dari evaluasi tersebut yaitu evaluasi formatif dan evaluasi sumatif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | m muhammad fadil |
Date Deposited: | 01 Jul 2022 06:57 |
Last Modified: | 01 Jul 2022 06:57 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8396 |
Actions (login required)
View Item |