Analisis Etnomatematika pada Damar Kurung Seni Budaya Gresik.

Nurul Afifah, - (2021) Analisis Etnomatematika pada Damar Kurung Seni Budaya Gresik. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Matematika.

[img] Text
Nurul Afifah_T20177023.pdf

Download (9MB)

Abstract

Nurul Afifah, 2021: Analisis Etnomatematika pada Damar Kurung Seni Budaya Gresik. Kata Kunci: Etnomatematika, Damar Kurung, Penglompokan Materi Matematika merupakan ilmu pengetahuan yang tidak lepas dari kehidupan sehari-hari. Peserta didik juga mendapatkan pembelajaran matematika di sekolah, namun peserta didik seringkali mengalami kesulitan dalam memahami materi matematika. Inovasi diperlukan untuk membuat pembelajaran matematika lebih menarik dan dapat dengan mudah dipahami oleh peserta didik. Salah satu caranya yakni menghubungkan matematika dengan budaya yang sering dijumpai peserta didik. Budaya yang diangkat dalam penelitian ini adalah Damar Kurung, sebagai seni tradisi dari Kota Gresik yang kini mulai jarang diperkenalkan kembali kepada generasi muda. Berdasarkan pada konteks penelitian ditetapkan fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah aktivitas matematika pada Damar Kurung seni budaya Gresik? 2) Bagaimanakah penglompokan materi jenjang SD, SMP dan SMA pada konsep matematika Damar Kurung? Sesuai dengan fokus penelitian dapat diambil tujuan peneliitian sebagai berikut: 1) Mendeskripsikan aktivitas matematika pada Damar Kurung seni budaya Gresik. 2) Mendeskripsikan penglompokan materi jenjang SD, SMP dan SMA pada konsep matematika Damar Kurung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini mengambil data dari salah satu rumah produksi Damar Kurung di Kota Gresik. Subyek penelitian terdiri dari satu orang pengrajin Damar Kurung, satu orang guru tingkat SD/MI, satu orang guru tingkat SMP/MTS dan satu orang guru tingkat SMA/MA. Penelitian ini mengambil data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian terdiri dari pedoman wawancara dan pedoman observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Terdapat aktivitas matematika pada proses pembuatan Damar Kurung, diantaranya aktivitas membilang, mengukur, menghitung, menjelaskan. Dari bentuk Damar Kurung dan aktivitas pengrajin konsep-konsep matematika yang didapatkan antara lain geometri (persegi, persegi panjang, segitiga, kubus, garis, sudut, kongruensi dan pencerminan), membilang, operasi bilangan (penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian), mengukur dan aritmatika sosial. 2) Penglompokan materi disesuaikan dengan silabus pada setiap jenjang. Pada tingkat SD/MI materi yang sesuai adalah membilang, pengukuran, penjumlahan, pengurangan dan geometri yang meliputi garis, persegi, persegi panjang, segitiga dan kubus. Pada tingkat SMP/MTS materi yang sesuai adalah operasi bilangan, aritmatika sosial dan geometri yang meliputi sudut, bangun segi empat dan segitiga serta kongruensi. Pada tingkat SMA/MA materi yang sesuai adalah pencerminan dan kongruensi, untuk selebihnya Damar Kurung dapat dijadikan sebagai alat peraga pada materi dimensi tiga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 01 Jul 2022 06:57
Last Modified: 01 Jul 2022 06:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8403

Actions (login required)

View Item View Item