Putri Haniatus Sholihah, Putri / Mrs Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Menggunakan Metode Brainstorming di SMP Unggulan Terpadu Al Hikmah Balung Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Menggunakan Metode Brainstorming di SMP Unggulan Terpadu Al Hikmah Balung Jember Tahun Pelajaran 2021/2022.
Text
Skripsi Putri Haniatus s watermark.pdf Download (52MB) |
Abstract
Putri Haniatus Sholihah, 2022, Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Menggunakan Metode Brainstorming Kelas VIII SMP Unggulan Terpadu Al Hikmah Balung Jember Tahun Pengajaran 2021/2022.
Pendidikan adalah usaha dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik dapat secara aktif dapat mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan yang sesuai dengan kemampuan peserta didik. Dalam memudahkan peserta didik dalam memahami suatu materi pendidikan agama islam . maka, diperlukanya sebuah metode pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan peserta didik dan salah satunya yakni metode brainstorming atau metode curah pendapat.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran PAI dengan menggunakan metode brainstorming siswa kelas VIII SMP Unggulan Terpadu Al Hikmah Balung Jember Tahun Pelajaran 2021/2022?; 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran PAI dengan menggunakan metode brainstorming siswa kelas VIII SMP Unggulan Terpadu Al Hikmah Balung Jember Tahun Pelajaran 2021/2022?; 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran PAI dengan menggunakan metode brainstorming siswa kelas VIII SMP Unggulan Terpadu Al Hikmah Balung Jember Tahun Pelajaran 2021/2022?; Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran PAI dengan menggunakan metode brainstorming siswa kelas VIII SMP Unggulan Terpadu Al Hikmah BalungJember.
Penelitian ini menggukan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research. Adapun pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penentuan subjek penelitiannya menggunakan teknik purposive. Analisis datanya menggunakan teknik Miles and Huberman yakni pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data,dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasiteknik.
Hasil penelitian ini adalah : 1) perencanaan pembelajaran PAI dengan menggunakan metode brainstorming dimulai dengan penyusunan RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang disusun oleh seorang guru, guna sebagai pedoman atau acuan dalam membantu seorang guru fdalam proses pembelajaran. 2) pelaksanaan pembelajaran PAI dengan menggunkan metode brainstorming yakni: diawali dengan berdoa, guru mengecek daftar kehadiran siswa, guru memberikan arahan,guru memberikan suatu permasalahan kepada siswa,guru memberikan murit waktu untuk menyaiapkan jawaban, siswa mengemukakan pendapatnya, guru memberikan arahan dan masukkan, guru menutup pembelajaran dengan salam dan doa bersama. 3) evaluasi pembelajaran PAI dengan menggunkan metode brainstorming adalah evaluasi yang dilakukan pada saat pembelajaran sedang berlangsung dan ketika di akhir pembelajaran.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Depositing User: | Mrs Putri Haniatus Sholihah Abuamin |
Date Deposited: | 06 Jul 2022 07:14 |
Last Modified: | 06 Jul 2022 07:14 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8407 |
Actions (login required)
View Item |