PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI ANDROID PADA MATERI TATA SURYA UNTUK SISWA KELAS VII SMP/MTs

Amalia, Safitri (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI ANDROID PADA MATERI TATA SURYA UNTUK SISWA KELAS VII SMP/MTs. Undergraduate thesis, Universitas Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Amalia Safitri IPA T201810014.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Aplikasi Android sebagai sumber belajar mandiri pada materi Tata Surya kelas VII SMP/MTs dilakukan berdasarkan permasalahan yang terjadi di SMP Negeri 3 Lumajang. Selama proses pembelajaran pada materi Tata Surya, guru IPA menggunakan buku paket, gambar, dan video pembelajaran di Youtube, namun siswa masih kesulitan memahami materi dari sumber tersebut. Salah satu penyebabnya ialah kurangnya interaktif sumber-sumber belajar tersebut, perlunya media yang interaktif dan menarik yang tujuan untuk memotivasi siswa untuk belajar dimanapun dan kapanpun.
Tujuan penelitian ini yaitu, (1) Mendeskripsikan validitas media pembelajaran interaktif berbasis Aplikasi Android pada Materi Tata Surya Kelas VII di SMP/MTS; (2) Mendeskripsikan respons siswa terhadap pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Aplikasi Android pada Materi Tata Surya Kelas VII di SMP/MTS.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model 4–D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) namun penelitian ini hanya sampai pada tahap develop. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari dua dosen UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember sebagai validator ahli materi dan validator ahli media, satu guru IPA sebagai validator praktis, serta uji respons yang dilakukan oleh 31 peserta didik.
Hasil validasi dari ahli materi diperoleh presentase sebesar 95%, presentase ahli media diperoleh sebesar 88%, dan hasil presentase yang diperoleh dari guru IPA sebesar 87%. Dari ketiga hasil validasi tersebut diperoleh rata-rata presentase nilai sebesar 90%. Berdasarkan hasil validasi, media pembelajaran interaktif berbasis Aplikasi Android dapat dinyatakan sangat valid. Hasil uji respons siswa diperoleh presentase nilai sebesar 93%. Deskripsi respons siswa terhadap media pembelajaran interaktif berbasis Aplikasi Android dengan komentar terbanyak antara lain media menarik, mempermudah dalam belajar, dan dapat mudah dipahami.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Amalia Safitri Safitri
Date Deposited: 06 Jul 2022 00:27
Last Modified: 06 Jul 2022 00:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8418

Actions (login required)

View Item View Item