Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Jenggawah

Alfiyatir Ri’ayah, - (2021) Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Jenggawah. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial.

[img] Text
ALFIYATIR RI’AYAH_T20179054.pdf

Download (25MB)

Abstract

Alfiyatir Ri’ayah, 2021: Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Jenggawah Kata Kunci: pola asuh orang tua, hasil belajar. Proses pendidikan dapat terjadi dalam tiga lingkungan yang dikenal dengan sebutan trilogi pendidikan, yaitu pendidikan di dalam keluarga atau pendidikan informal, pendidikan sekolah atau pendidikan formal, dan masyarakat atau pendidikan non formal. Ketiga pusat pendidikan tersebut harus bekerjasama dan secara keseluruhan bertanggung jawab terhadap proses pendidikan. Pendidikan keluarga merupakan awal dari pendidikan anak selanjutnya. Pendidikan di dalam keluarga dapat terwujud dari pola asuh orang tua kepada anak-anaknya. Diana Baurind mengelompokkan pola asuh orang tua menjadi 3 tipe yaitu pola asuh otoriter, pola asuh demokratis, pola asuh permissif. Pola asuh yang diterapkan oleh orang tua kepasa anaknya merupakan faktor penting yang mempengaruhi hasil belajar pada anak. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan antara pola asuh orang tua terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII di SMPN 1 Jenggawah. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara pola asuh yang diterapkan oleh orang tua terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS di SMPN 1 Jenggwah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional, adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner dan dokumen. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan Korelasi Produk Moment. Variabel dalam penelitian ini adalah pola asuh orang tua sebagai variabel bebas (X), dan hasil belajar siswa (Y) sebagai variabel terikat. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode Proportional Random Sampling artinya pengambilan sampel dengan cara acak yang pada penelitian ini terdapat 30 sampel yang diambil dari siswa kelas VIII. Dari hasil uji hipotesis, uji validitas dan uji reabilitas, memperlihatkan bahwa rhitung sebesar 0,081 lebih besar dari nilai signifikasnsi 0,05 (5%). Dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian terdapat korelasi antara pola asuh orang tua dengan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 01 Jul 2022 06:58
Last Modified: 01 Jul 2022 06:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8419

Actions (login required)

View Item View Item