Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Interaktif Berbasis Android Menggunakan Ispring Suite pada Materi Sistem Koordinasi untuk Siswa Kelas XI MIPA di SMA Negeri Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2021/2022

Fauziyah, Riza (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Interaktif Berbasis Android Menggunakan Ispring Suite pada Materi Sistem Koordinasi untuk Siswa Kelas XI MIPA di SMA Negeri Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
RIZA FAUZIYAH_T20188011.pdf

Download (8MB)

Abstract

Teknologi informasi merupakan bagian dari media pembelajaran yang dapat
menyajikan tema menjadi lebih menarik. Media interaktif adalah media yang
memungkinkan siswa berinteraksi dengan media tersebut dan menerima feedback
terhadap materi yang disajikan. Salah satu software yang dapat membuat media
pembelajaran interaktif yaitu ispring suite yang dikonversi dalam bentuk android
sehingga dapat digunakan untuk merancang sumber belajar dengan tampilan yang
lebih menarik dan inovatif.
Tujuan penelitian ini adalah: 1)Mendeksripsikan kevalidan Media Pembelajaran
Biologi Interaktif Berbasis Android Menggunakan Ispring Suite pada Materi Sistem
Koordinasi untuk Siswa Kelas XI MIPA di SMA Negeri Ambulu Jember.2)
Mendeskripsikan respon siswa terhadap Media Pembelajaran Biologi Interaktif
Berbasis Android Menggunakan Ispring Suite pada Materi Sistem Koordinasi untuk
Siswa Kelas XI MIPA di SMA Negeri Ambulu Jember 3)Mendeskripsikan
keefektifan Media Pembelajaran Biologi Interaktif Berbasis Android Menggunakan
Ispring Suite pada Materi Sistem Koordinasi untuk Siswa Kelas XI MIPA di SMA
Negeri Ambulu Jember
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model
pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE dengan 5 tahapan yaitu:
Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluate. Populasi penelitan ini
adalah siswa kelas XI MIPA 3 dan XI MIPA 6 SMA Negeri Ambulu Jember. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yakni angket, tes,wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) Hasil Validasi dari ahli media
memperoleh rata-rata persentase sebesar 92,91% dengan kriteria sangat valid, rata-
rata hasil validasi ahli materi memperoleh presentase sebesar adalah 92,75% dengan
kriteria sangat valid,hasil validasi ahli bahasa memperoleh presentase sebanyak
94,43% dengan kriteria sangat valid,hasil dari guru biologi memperoleh persentase
sebesar 96,64% dengan kriteria sangat valid.2) Rata-rata angket respon siswa pada
skala kecil diperoleh presentase sebesar 84,27% dengan kriteria sangat menarik dan
pada skala besar diperoleh presentase sebesar 90,48% dengan kategori sangat
menarik.3) Tingkat keefektifan media pembelajaran biologi interaktif dengan hasil uji
nilai postest pada siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh nilai sig(2-
tailed) sebesar 0,00 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media interaktif
berbasis android menggunakan ispring suite efektif digunakan dalam proses
pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0606 Physiology > 060603 Animal Physiology - Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Riza 23 Fauziyah
Date Deposited: 05 Jul 2022 01:24
Last Modified: 05 Jul 2022 01:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8431

Actions (login required)

View Item View Item