Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Peserta Didik Pada Sub Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas XI MIPA di SMAN 3 Jember Pada Tahun Pelajaran 2021/2022

Fitria Nur, Sholikhah (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Peserta Didik Pada Sub Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas XI MIPA di SMAN 3 Jember Pada Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shiddiq.

[img] Text
Fitria Nur Sholikhah_T20188094.pdf

Download (8MB)

Abstract

Sistem pernapasan manusia merupakan materi pelajaran biologi yang bersifat abstrak dan cukup sulit dipahami. Serta saat penelitian ini berlangsung dalam kondisi pandemi Covid-19 yang ada hubungannya dengan sistem pernapasan manusia sehingga membutuhkan pemahaman yang lebih untuk peserta didik. Oleh karena itu diperlukan inovasi dalam model pembelajaran, salah satunya adalah dengan menerapkan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS).
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mendeskripsikan kemampaun berpikir kritis kelas eksperimen dan kelas kontrol pada sub materi sistem pernapasan manusia; 2) Mendeskripsikan sikap ilmiah kelas eksperimen dan kelas kontrol pada sub materi sistem pernapasan manusia; 3) Mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) pada sub materi sistem pernapasan manusia terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik; 4) Mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) pada sub materi sistem pernapasan manusia terhadap sikap ilmiah peserta didik.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, desain Quasi Eksperimental design dengan bentuk peneitain Nonequivalent Group Posttest Only design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 69 peserta didik. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling purposive. Sampel yang terpilih terdapat dua kelas yaitu kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji Z.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen diperoleh rata-rata 85,9706 dengan standar devisiasi 6,708 dan kelas kontrol diperoleh rata-rata 72,1714 dengan standar devisiasi 12,417; 2) Sikap Ilmiah kelas eksperimen diperoleh rata-rata 71,79 dengan standar devisiasi 4,617 dan kelas kontrol diperoleh rata-rata 68,20 dengan standar devisiasi 3,833; 3) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) terhadap kemamuan berpikir kritis dengan nilai signifkan 0,000; 4) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) terhadap sikap ilmiah dengan nilai signifkan 0,001.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069901 Forensic Biology
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Fitria Nur Sholikhah
Date Deposited: 05 Jul 2022 01:47
Last Modified: 05 Jul 2022 01:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8435

Actions (login required)

View Item View Item