Amri, Muhammad Shalihan Warisya (2022) ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII DI SMP PLUS DARUS SHOLAH TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Muhammad Shalihan Warisya Amri_T20157035.pdf Download (13MB) |
Abstract
ABSTRAK
Muhammad Shalihan Warisya Amri, 2022: Analisis Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Plus Darus Sholah Tahun Pelajaran 2021/2022.
Kata kunci : Pendidikan karakter, pembelajaran matematika
Peran pendidikan dalam menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, tangguh, dan berkarakter harus dimaksimalkan dalam membangun masyarakat yang mandiri dengan penerapan nilai-nilai pancasila dan al-Qur’an. salah satu cara untuk menghasilkan generasi yang baik adalah dengan menerapkan pendidikan karakter pada siswa dalam proses pembelajaran. Di SMP Plus Darus Sholah penanaman karakter dalam proses pembelajaran matematika dilakukan oleh guru pengampu, salah satunya dengan memulai pembelajaran matematika dengan membaca Al-Qur’an atau ayat yang berhubungan dengan materi yang dipelajari. Dengan tujuan untuk mengenalkan bahwa al-Qur’an merupakan sumber ilmu dan memberikan pendidikan karakter pada siswa dengan pendekatan al-Qur’an sehingga terbentuk karakter siswa yang baik.
Fokus penelitian ini yaitu bagaimana pendidikan karakter pada sikap spiritual dalam pembelajaran matematika pada materi statistika kelas VIII di SMP Plus Darus Sholah tahun pelajaran 2021/2022 dan bagaimana pendidikan karakter pada sikap sosial dalam pembelajaran matematika pada materi statistika kelas VIII di SMP Plus Darus Sholah tahun pelajaran 2021/2022. Dari fokus tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan karakter pada sikap spiritual dalam pembelajaran matematika pada materi statistika kelas VIII di SMP Plus Darus Sholah tahun pelajaran 2021/2022 dan mendeskripsikan pendidikan karakter pada sikap sosial dalam pembelajaran matematika pada materi statistika kelas VIII di SMP Plus Darus Sholah tahun pelajaran 2021/2022.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian fenomenologi dengan pendekatan kulitatif deskriptif yang dilakukan di SMP Plus Darus Sholah. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan Purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumenter. Sedangkan untuk teknik analisis data peneliti menggunakan analisis data interaktif. Dan teknik keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa ada nilai-nilai karakter dalam pembelajaran matematika pada sikap spiritual dan sikap social. Nilai-nilai karakter tersebut ditanamkan dan dibentuk pada siswa di SMP Plus Darus Sholah dalam pembelajaran matematika melalui kegiatan-kegiatan dalam proses pembelajaran matematika, seperti pada sikap spiritual, 1) disiplin yaitu mematuhi tata tertib di dalam kelas, 2) kerja keras yaitu menyelesaian tugas tepat waktu, 3) mandiri yaitu dalam menyelesaikan tugas sendiri, 4) tanggungjawab yaitu berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran, 5) rasa ingin tahu yaitu dalam tanya jawab pada kegiatan apersepsi. 6) Kreatif yaitu guru menggunakan metode demonstrasi dengan menunjukkan benda di sekitar. Pada sikap social seperti, 1) religius yaitu dengan memulai pembelajaran dengan berdoa dan membaca al-Qur’an atau ayat yang berhubungan dengan materi yang akan dipelajari, , 2) jujur yaitu dalam mengerjakan tugas, , 3) komunikatif yaitu guru melakukan kegiatan pembelajaran yang dialogis,.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0105 Mathematical Physics > 010502 Integrable Systems (Classical and Quantum) 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mr Muhammad Shalihan Warisya Amri |
Date Deposited: | 05 Jul 2022 01:53 |
Last Modified: | 05 Jul 2022 01:53 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8439 |
Actions (login required)
View Item |