HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN KECERDASAN MATEMATIS LOGIS SISWA PADA MATERI MATRIKS KELAS XI IPS DI SMA NURUL ISLAM JEMBER TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Rahman, Arif (2022) HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN KECERDASAN MATEMATIS LOGIS SISWA PADA MATERI MATRIKS KELAS XI IPS DI SMA NURUL ISLAM JEMBER TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
revisi skripsi arif rahman baru.pdf

Download (5MB)

Abstract

Arif Rahman, 2022: Hubungan Gaya Belajar Siswa dengan Kecerdasan
Matematis Logis Siswa pada Materi Matriks Kelas XI IPS SMA Nurul Islam
Jember Tahun Pelajaran 2021/2022.
Kata kunci : Hubungan, gaya belajar, kecerdasan matematis logis
Penelitian ini dilatar belakangi oleh cara belajar siswa yang sangat
berkaitan dengan tingkat kecerdasan masing-masing siswa, setiap siswa memiliki
kecerdasannya masing-masing, untuk memaksimalkan kecerdasannya siswa
membutuhkan cara belajarnya sendiri agar mampu dan berhasil menerima dan
menyerap materi pembelajaran yang diberikan, ketika siswa mampu dengan baik
menerima serta menyerap materi pembelajaran maka tingkat kecerdasannya akan
lebih maksimal.
Penelitian ini mengangkat rumusan masalah 1) untuk mendeskripsikan
gaya belajar siswa kelas XI IPS SMA Nurul Islam Jember. 2) untuk
mendeskripsikan kecerdasan matematis logis siswa kelas XI IPS SMA Nurul
Islam Jember. 3) untuk mengetahui hubungan gaya belajar dengan kecerdasan
matematis logis siswa pada materi matriks kelas XI IPS di SMA Nurul Islam
Jember Tahun pelajaran 2021/2022.
Penelitian ini bertujuan 1) untuk mendeskripsikan gaya belajar siswa kelas
XI IPS SMA Nurul Islam Jember 2) kecerdasan matematis logis siswa kelas XI
IPS SMA Nurul Islam Jember, 3) untuk mengetahui hubungan gaya belajar dan
kecerdasan matematis logis siswa kelas XI IPS SMA Nurul Islam Jember Tahun
pelajaran 2021/2022.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
asosiatif dengan pendekatan kuantitatif yang dilakuan di SMA Nurul Islam
Jember. Populasi Dalam penelitian ini adalah sebanyak 88 siswa, kemudian dalam
menentukan sampel peneliti menggunakan teknik cluster random sampling,
dengan rumus slovin dimana didapatkan sampel sebanyak 47 siswa yang mana
meliputi sebanyak dua kelas yang berjumlah total 56 siswa. Teknik pengumpulan
data dalam penelitian ini menggunakan angket dan tes. Sedangkan untuk teknik
analisis data peneliti menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial,
pada analisis inferensial peneliti menggunakan uji chi square untuk mengetahui
hubungan gaya belajar dengan kecerdasan matematis logis siswa.
Hasil dalam penelitian ini berdasarkan sampel penelitian yang berjumlah
56 siswa menunjukkan bahwa 1) gaya belajar siswa kelas XI IPS SMA Nurul
Islam dengan kategori visual sebanyak 21 siswa dengan persentase 38%,
kemudian auditorial sebanyak 22 siswa dengan persentase 39% dan kinestetik
sebanyak 13 siswa dengan persentase 23%, 2)kecerdasan matematis logis siswa
dengan kategori rendah sebanyak 14 siswa dengan persentase 25% kemudian
dengan kategori sedang sebanyak 15 siswa dengan persentase 27% dan kategori
tinggi sebanyak 27 siswa dengan persentase 48%. 3) terdapat hubungan yang
signifikan antara gaya belajar siswa dengan kecerdasan matematis logis siswa
pada materi matriks kelas XI IPS SMA Nurul Islam Jember Tahun Pelajaran
2021/2022

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: mr Arif Rahman
Date Deposited: 11 Jul 2022 09:31
Last Modified: 11 Jul 2022 09:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8447

Actions (login required)

View Item View Item