PENERAPAN METODE MURAJAAAH DALAM PENINGKATAN KUALITAS HAFALAN QUR’AN DI PONDOK PESANTREN KYAI SYARIFUDDIN LUMAJANG

Abdillah, Fajar (2022) PENERAPAN METODE MURAJAAAH DALAM PENINGKATAN KUALITAS HAFALAN QUR’AN DI PONDOK PESANTREN KYAI SYARIFUDDIN LUMAJANG. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Tesis Fajar Abdillah.pdf

Download (4MB)

Abstract

Fajar Abdillah. 2022. Penerapan Metode Murajaah dalam Peningkatan Kualitas Hafalan Al-Qur’an di Pondok Pesantren Kyai Syarifuddin Lumajang. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana UIN KHAS JEMBER. Pembimbing I Dr. H. Mundir, M.Pd., Pembimbing II Dr. H. Safrudin Edi Wibowo, Lc., M.Ag Kata Kunci : Metode Murajaah, Hafalan Al-Qur’an Menghafal al-Qur’an dibutuhkan kesiapan yang matang, niat yang sungguh-sungguh dan ikhlas, konsentrasi penuh, serta keistiqomahan dalam menjalani prosesnya. Dan tidak sedikit dari mereka yang mengeluh bahwa menghafal itu susah. disebabkan karena adanya gangguan, baik kejiwaan maupun lingkungan.. Terdapat banyak sekali ayat al-Qur’an yang serupa didalamnya, menyebabkan sulitnya mencari ayat hafalan yang sudah ada didalam memori, kondisi ini disebut Interferensi Retroaktif. Interferensi Retroaktif ini dapat mempengaruhi sulitnya seseorang untuk menambah hafalannya,untuk itu perlu metode untuk mengatasinya yakni metode Murajaah. Tesis ini berfokus kepada : 1) Bagaimana proses pelaksanaan metode murajaaah dalam Peningkatan kualitas hafalan di Pondok Pesantren Kyai Syarifuddin Lumajang ?, 2) Bagaimana Penerapan metode murajaaah pada kualitas hafalan di Pondok Pesantren Kyai Syarifuddin Lumajang ?, 3) Bagaimana evaluasi metode murajaaah dalam Peningkatan kualitas hafalan Qur’an di Pondok Pesantren Kyai Syarifuddin Lumajang? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan proses penerapan metode murajaaah dalam Peningkatan kualitas hafalan di Pondok Pesantren Kyai Syarifuddin Lumajang, 2) Untuk mendeskripsikan Penerapan metode murajaaah pada kualitas hafalan di Pondok Pesantren Kyai Syarifuddin Lumajang, 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi metode murajaaah dalam Peningkatan kualitas hafalan Qur’an di Pondok Pesantren Kyai Syarifuddin Lumajang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, jenis penelitiannya yaitu jenis penelitian lapangan. Tehnik penentuan subjek ini adalah purposive. Pengumpulan data menggunakan metode observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif model Interaktif Milles Huberman dan Saldana. Teknik pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil Penelitian: 1) Proses penerapan metode murajaah melalui: a) Muraja’ah hafalan baru kepada guru (ustadz/ustadzah), b) Muraja’ah hafalan lama yang disemakkan teman dengan berhadapan dua orang dua orang, c) Al-Imtihan Fii Muraja’atil Muhafadlah (ujian murajaah hafalan). 2) Penerapan Metode Murajaah adalah menjaga hafalan dan secara tidak langsung memperbaiki makhorijul huruf dan tajwid. 3) Evaluasi dengan menetapkan standar pengukuran kinerja, menetapkan metode pengukuran, kinerja, mengukur kinerja dengan membandingkan standar yang telah ditetapkan dengan hasil hafalan santri serta mengambil tindakan perbaikan. Evaluasi dengan menerapkan evaluasi Formatif dan Sumatif bagi santri.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M. Pd Fajar Abdillah
Date Deposited: 05 Jul 2022 04:42
Last Modified: 05 Jul 2022 04:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8501

Actions (login required)

View Item View Item