Fungsi Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Jember

Handayani, Dwi Ariesanty (2022) Fungsi Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Jember. Masters thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
DWI ARIESATY H_203206010012.pdf

Download (5MB)

Abstract

Dwi Ariesaty Handayani. 2021. Dengan Judul “Fungsi Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Jember”
Kata Kunci : Fungsi Kepemimpinan Kepala Madrasah, Pengembangan Kompetensi Profesional Guru

Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Jember tanggap dengan perkembangan teknologi saat ini yang berkembang pesat. Dengan dukungan Sumber Daya Manusia (SDM) yang di miliki madrasah ini siap untuk berkompetisi dengan sekolah lain dalam pelayanan informasi publik. Tercapainya tujuan pendidikan
sangat tergantung pada keterampilan kepemimpinan dan kearifan kepala madrasah sebagai supervisor yang merupakan salah satu pemimpin pendidikan dan kompetensi profesional guru sudah dapat diandalkan.
Fokus Penelitian : 1) Bagaimana fungsi instruksi kepemimpinan kepala madrasah dalam mengembangkan kompetensi profesional guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Jember? 2) Bagaimana fungsi konsultasi kepemimpinan kepala madrasah dalam mengembangkan kompetensi profesional guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Jember? 3) Bagaimana fungsi partisipasi
kepemimpinan kepala madrasah dalam mengembangkan kompetensi profesional guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Jember?
Tujuan Penelitian : 1) Menganalisis fungsi instruksi kepemimpinan kepala madrasah dalam mengembangkan kompetensi profesional guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Jember 2) Menganalisis fungsi konsultasi kepemimpinan kepala madrasah dalam mengembangkan kompetensi profesional guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Jember 3) Menganalisis fungsi partisipasi
kepemimpinan kepala madrasah dalam mengembangkan kompetensi profesional guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis
penelitian ini menggunakan studi kasus. Teknik penentuan subjek yaitu dengan teknik purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tekhnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis interaktif Miles dan Huberman, yakni meliputi
data collection, data condensation, data display, and data verifiying. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulası sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Fungsi Instruksi, kepala
madrasah membangun motivasi guru dengan melibatkan guru dalam melaksanakan serta mengelola setiap kegiatan dan program, 2) Fungsi Konsultasi, kegiatan pengembangan guru melalui forum diskusi internal MGMP Madrasah, 3) Fungsi Partisipasi, kepala madrasah membentuk tim penjamin mutu, kepala madrasah melakukan evaluasi terhadap kinerja tim penjamin mutu madrasah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: M.Pd Dwi Ariesaty Handayani
Date Deposited: 05 Jul 2022 04:18
Last Modified: 05 Jul 2022 04:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8504

Actions (login required)

View Item View Item