Muhammad, Abdillah (2022) Pengembangan Ensiklopedia Digital Berbasis Potensi Lokal Taman Wisata Studi Lingkungan (TWSL) Kota Probolinggo pada Materi Vertebrata untuk Siswa Kelas X di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Dringu Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Muhammad Abdillah_T20178004.pdf Download (20MB) |
Abstract
Sumber belajar merupakan segala sesuatu yang dapat memberikan kemudahan belajar dan memperolah informasi, menambah pengetahuan serta keterampilan dalam proses belajar mengajar. Berdasarkan hasil analisis karakteristik siswa, 97,6% dari 30 siswa lebih tertarik memahami materi jika penyajian sumber belajar didominasi gambar dan 91,2% siswa menyukai sumber belajar dalam bentuk digital. Ensiklopedia digital menjadi pilihan sebagai sumber belajar yang sesuai dengan karakteristik siswa karena bentuknya yang sederhana, banyak warna, serta banyak gambar untuk ditampilkan. Dari hasil wawancara dengan guru biologi di SMAN 1 Dringu, diketahui bahwa rata-rata siswa
mengalami kesulitan pada materi vertebrata. Lingkungan Taman Wisata Studi Lingkungan (TWSL) Kota Probolinggo memiliki banyak aneka hewan vertebrata. Hal ini dapat dimanfaatkan sebagai topik materi ensiklopedia digital yang perlu dibahas dan juga upaya pengenalan potensi lokal di Taman Wisata Studi Lingkungan (TWSL) Kota Probolinggo kepada siswa yang memiliki aneka ragam hewan vertebrata yang masih belum pernah dikembangkan untuk sumber belajar pada materi vertebrata.Tujuan dari penelitian ini antara lain : 1) Mendeskripsikan Kevalidan Ensiklopedia Vertebrata Digital Berbasis Potensi Lokal Dari Taman Wisata Studi Lingkungan (TWSL) Kota Probolinggo Pada Materi Vertebrata Untuk Siswa Kelas X SMA DI SMAN 1 Dringu kabupaten Probolinggo. 2) Mendeskripsikan Respons Siswa Terhadap Ensiklopedia Vertebrata Digital Berbasis Potensi Lokal Dari Taman Wisata
Studi Lingkungan (TWSL) Kota Probolinggo Pada Materi Vertebrata Untuk Siswa Kelas X SMA di SMAN 1 Dringu Kabupaten Probolinggo.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Adapun model pengembangan yang digunakan adalah Model Pengembangan ADDIE dengan tahapan Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi). Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Dringu Kabupaten
Probolinggo. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman wawancara dan lembar angket. Dalam penelitian ini menggunakan dua validator ahli materi, dua validator ahli media, satu validator ahli Bahasa, dan satu Guru Biologi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil validasi ahli materi memperoleh persentase sebesar 93,3% dengan kriteria sangat valid, rata-rata hasil validasi ahli media memperoleh persentase sebesar 94,9% dengan kriteria sangat valid,
rata-rata hasil validasi ahli bahasa memperoleh persentase sebesar 94,2% dengan kriteria sangat valid, validasi guru memperoleh persentase sebesar 95,8% dengan kriteria sangat
valid dan untuk rata-rata angket respons siswa diperoleh hasil sebesar 91,7% dengan kriteria sangat baik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0608 Zoology > 060809 Vertebrate Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Muhammad Abdillah |
Date Deposited: | 06 Jul 2022 00:52 |
Last Modified: | 06 Jul 2022 00:52 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8547 |
Actions (login required)
View Item |