Riski, Yulia (2022) PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI METODE CERITA(QISHAH QUR'ANI) DI MADRASAH TSANAWIYAH SATU ATAP MIFTAHUS SA'ADAH KARANGPRING SUKORAMBI JEMBER. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
RISKI LENGKAP.pdf Download (7MB) |
Abstract
Riski Yulia Anggraeni. 2022. Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Metode Cerita
(Qishah Qur’ani) Di Madrasah Tsanawiyah Satu Atap Miftahus Sa’adah
Karangpring Sukorambi Jember. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Pembimbing I: Dr Dyah Nawangsari, M.Ag. Pembimbing II: Dr.Mashudi, M.Pd.
Kata Kunci : Karakter, Metode Cerita (Qishah Qur’ani)
Cerita (qishah) dalam al-Qur’an memiliki keunikan atau keistimewaan dalam dua hal
pokok. Pertama, memperhatikan aspek kebenaran dan faktualitas (waqi’iyah), bukan sekedar
imajinasi. Kedua, memerhatikan sasaran dan tujuan dari pemaparan kisah tersebut. Tujuan
dari kisah-kisah dalam al-Qur’an (qishah qur’ani) adalah keikutsertaan dengan gaya-gaya
atau metode lain yang dimanfaatkan al-Qur’an untuk mewujudkan target dan tujuan religious
dan edukatif, yang mana kisah Qur’ani ini termasuk di antara gaya atau metode terpentingnya.
Fokus dari penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana pembentukan karakter jujur siswa
melalui Metode Cerita (Qishah Qur’ani) di Madrasah Tsanawiyah Satu Atap Miftahus
Sa’adah Karangpring Sukorambi Jember?. 2) Bagaimana pembentukan karakter sabar siswa
melalui Metode Cerita (Qishah Qur’ani) di Madrasah Tsanawiyah Satu Atap Miftahus
Sa’adah Karangpring Sukorambi Jember?.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mendeskripsikan pembentukan karakter jujur
siswa melalui Metode Cerita (Qishah Qur’ani) di Madrasah Tsanawiyah Satu Atap Miftahus
Sa’adah Karangpring Sukorambi Jember. 2) Untuk mendeskripsikan pembentukan karakter
jujur siswa melalui Metode Cerita (Qishah Qur’ani) di Madrasah Tsanawiyah Satu Atap
Miftahus Sa’adah Karangpring Sukorambi Jember.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini teori tentang pendidikan karakter dari
Ridwan Abdullah yang membahas tentang karakter jujur, Sabar, Adil, Ikhlas, Amanah, dan
bertanggung jawab. Sedangkan untuk teori Metode Cerita (Qishah Qur’ani) pertama
menggunakan teori dari Syahidin, kedua teori dari Maragustam Siregar, ketiga teori dari
Abdurrahman An-Nahlawi dan keempat teori dari Ibnu Katsir.
Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif, dalam menentukan subjek penelitian ditentukan dengan Purposive. Dan
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipatif, wawancara
terstruktur dan dokumentasi, Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan
teori dari Miles and Huberman model interactive dengan langkah mengkondensi data Data
Condensation, menyajikan data Data display, memberikan gambaran dan menyimpulkan
Drawing and Verifying Conclusions.
Hasil dalam penelitian ini yakni 1) pembentukan karakter jujur siswa melalui metode
cerita (qishah qur’ani) dengan cara guru menceritakan suatu kisah dalam al-qur’an pada
pelajaran agama yang mencerminkan perilaku jujur seperti kisah Nabi Yusuf AS dalam Q.S
Yusuf ayat 30-35 dan 50-57, dan Kisah turunnya Nabi Adam AS dalam Q.S Al-Baqarah ayat
36-37, Q.S Toha ayat 120-127, Q.S Al-A’raf ayat 20-25. 2) pembentukan karakter sabar
siswamelalui metode cerita (qishah qur’ani) dengan cara menceritakan suatu kisah dalam al-
qur’an pada pelajaran agama yang mencerminkan perilaku sabar seperti kisah penyembelihan
Nabi Ismail As dalam Q.S As-Shafat ayat 100-111, dan kisah Nabi Ayyub AS Manusia
dengan tingkat kesabaran yang dipuji Allah SWT dalam Q.S An-Anbiya ayat 84.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Depositing User: | Ms Riski Yulia Anggraeni |
Date Deposited: | 06 Jul 2022 01:06 |
Last Modified: | 06 Jul 2022 01:06 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8563 |
Actions (login required)
View Item |