Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Powtoon Pada Materi Sistem Tata Surya Kelas VII SMP/MTs

Fina Nikmatul Farida, - (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Powtoon Pada Materi Sistem Tata Surya Kelas VII SMP/MTs. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

[img] Text
FINA NIKMATUL FARIDA_T201710030.pdf

Download (3MB)

Abstract

Fina Nikmatul Farida, 2021: Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Powtoon Pada Materi Sistem Tata Surya Kelas VII SMP/MTs Kata Kunci : Media Pembelajaran, Sistem Tata Surya, Powtoon Media pembelajaran IPA dapat memanfaatkan sumber ataupun media pembelajaran bahkan menciptakan media pembelajaran tersendiri yang sesuai dengan materi dan karakteristik peserta didik. Media pembelajaran yang baik adalah media pembelajaran yang relevan dengan tujuan, materi, dan karakteristik siswa. Berdasarkan studi pendahuluan yang peneliti lakukan di SMP N 1 Balung, diperoleh fakta bahwa siswa dalam pembelajaran cenderung sangat membosankan dengan proses pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Mengingat banyaknya materi yang harus dicerna oleh siswa, guru juga perlu memanfaatkan sebuah media pembelajaran. Oleh karena itu, media pembelajaran berbasis Powtoon ini diharapkan dapat menjadi alternatif untuk mengatasi masalah tersebut agar siswa kembali semangat dalam belajar dan proses pembelajaran bisa menjadi lebih menyenangkan khususnya dalam materi sistem tata surya. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan ke validan media pembelajaran video animasi berbasis powtoon pada materi sistem tata surya. 2) Mendeskripsikan respons peserta didik terhadap media pembelajaran video animasi berbasis powtoon. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development). Peneliti menerapkan model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan yaitu define, design, development dan dissemination. Pengumpulan data peneliti diperoleh menggunakan instrument yang berupa pedoman wawancara dan lembar angket analisis siswa, lembar validasi materi, lembar validasi media, lembar validasi pengguna (guru), dan angket respons siswa untuk dilakukan uji coba skala terbatas yaitu skala kecil 6 siswa dan skla besar pada 32 siswa. Berdasarkan hasil persentase dari para validator menyatakan bahwa kevalidan materi sebesar 94%, kevalidan media sebesar 93,33% dan kevalidan pengguna(guru IPA) sebesar 95,29%. Hal ini menunjukan media pembelajaran termasuk dalam kategori sangat valid dengan persentase rata-rata sebesar 9420%, artinya media pembelajaran dapat dilanjutkan untuk dilakukan uji coba lapangan pada siswa. Hasil uji coba skala kecil pada 6 siswa sebesar 87,46%, artinya media pembelajaran memiliki keterbacaan yang sudah sesuai dengan karakteristik siswa sehingga bisa dilanjutkan pada uji coba skala besar. Hasil uji coba skala besar pada 32 siswa sebesar 92,05% yang menunjukan bahwa media pembelajaran vedio animasi berbasis powtoon pada materi sistem tata surya kelas VII SMP/MTs termasuk dalam kategori sangat menarik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 04 Jul 2022 08:59
Last Modified: 04 Jul 2022 08:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8566

Actions (login required)

View Item View Item