PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING BERBANTUAN EDMODO DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMAN 1 LECES PROBOLINGGO

NURJANNAH, RISKI HUSNIAH (2022) PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING BERBANTUAN EDMODO DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMAN 1 LECES PROBOLINGGO. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
tesis riski.pdf

Download (10MB)

Abstract

Nurjannah, Riski Husniah. 2022. Pengaruh Model Blended Learning
Berbasis Edmodo dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar
Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di
SMAN 1 Leces. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam
Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Jember. Pembimbing I:
Dr. H. Moh. Sahlan, M.Ag. Pembimbing II: Dr. H. Mashudi, M.Pd.
Kata Kunci: Edmodo, Minat Belajar, Hasil Belajar.
Pembelajaran yang efektif sudah tentu menjadi harapan semua
pendidik dan peserta didik, dimana diharapkan setelah melaksanakan
proses pembelajaran akan ada timbal balik yang positif dari peserta didik,
sehingga pembelajaran akan lebih bersemangat, baik dari peserta didik
ataupun pendidik itu sendiri. Oleh karena itu, dalam Tesis ini akan
membahas metode pembelajaran yang akan membantu pendidik dan
peserta didik untuk mencapai ketuntasan. Platform Edmodo, dimana
Platform ini dapat digunakan pendidik dalam proses pembelajaran bahkan
dalam melalukan evaluasi.
Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan
rancangan Nonequivalent Posttest- Only Control Group Design. Subjek
penelitian ini terdiri dari 21 siswa kelas eksperimen dan 21 siswa kelas
kontrol. Sampel diambil dengan menggunakan tekhnik Purposive
Sampling. Data tentang minat belajar dikumpulkan dengan angket dan data
hasil belajar siswa dikumpulkan dengan metode tes. Analisis yang
dilakukan menggunakan Analisis uji beda (uji t-test). Uji hipotesis
dilakukan dengan bantuan software Statistical Package for the Sciences
(SPSS) versi 16.
Hasil Analisis menunjukkan bahwa pengaruh pembelajaran Blended
Learning berbasis Edmodo dan minat belajar terhadap hasil belajar adalah
signifikan. Rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen 89,90 dan kelas
kontrol 65,52. Hasil perhitungan menunjukkan terdapat perbedaan hasil
belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata hasil belajar
siswa kelas eksperimen dengan minat belajar tinggi adalah 95.69 dan
minat belajar rendah adalah 80.50. Rata-rata hasil belajar siswa kelas
kontrol dengan minat belajar tinggi adalah 73.45 dan minat belajar rendah
adalah 56.80. Hasil perhitungan menunjukkan terdapat perbedaan hasil
belajar siswa dengan minat belajar tinggi dan rendah secara signifikan.
Hasil uji F rata-rata kedua kelompok menunjukkan terdapat perbedaan
hasil belajar siswa dengan Minat Belajar tinggi dan rendah pada kelas
eksperimen dan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Riski Husniah
Date Deposited: 06 Jul 2022 01:26
Last Modified: 06 Jul 2022 01:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8581

Actions (login required)

View Item View Item