Pembelajaran program Hifdzil Juz Amma dalam Membentuk Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik di MIMA 29 Miftahul Ulum Ambulu Tahun Pelajaran 2021/2022

Fenti Apriliana, Devi (2022) Pembelajaran program Hifdzil Juz Amma dalam Membentuk Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik di MIMA 29 Miftahul Ulum Ambulu Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
skripsi fenti watermax.pdf

Download (5MB)

Abstract

Fenti Apriliana Devi, 2022: Pembelajaran Program Hifdzil Juz Amma dalam Membentuk Tanggung Jawab Peserta Didik di MIMA 29 Miftahul Ulum Ambulu Tahun pelajaran 2021/2022.

Kata Kunci: Program Hifdzil Jus Amma, Tanggung jawab peserta didik
Sebagai umat manusia kita sebaiknya membaca dan memeliharannya dengan cara menghafalkan Al-Qur’an karena dengan demikian maka kita termasuk kedalam orang yang akan diberikan syafaat untuk hari akhir. Program hafalan ini juga sangat penting untuk masa depan karena untuk ke jenjang selanjutnya bagi peserta didik dalam mendaftar sekolah negeri maupun mendapatkan beasiswa.
Fokus dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan Program Hifdzil Juz Amma dalam membentuk karakter tanggung jawab Peserta Didik di MIMA 29 Miftahul Ulum Tahun Pelajaran 2021/2022?; (2) Bagaimana pelaksanaan Program Hifdzil Juz Amma dalam membentuk karakter tanggung jawab Peserta Didik di MIMA 29 Miftahul Ulum Tahun Pelajaran 2021/2022?; (3) Bagaimana evaluasi Program Hifdzil Juz Amma dalam membentuk karakter tanggung jawab Peserta Didik di MIMA 29 Miftahul Ulum Tahun Pelajaran 2021/2022?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dari Pembelajaran Program Hifdzil Juz Amma dalam Membentuk Tanggung Jawab Peserta Didik di MIMA 29 Miftahul Ulum Ambulu Tahun pelajaran 2021/2022.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah miles dan huberman yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Keabsahan menggunakan triangulasi Teknik, dan sumber.
Hasil penelitian ini yaitu: (1) dalam perencanaan pembelajaran program hifdzil juz amma dalam membentuk karakter tanggung jawab peserta didik meliputi (a) Program pembelajaran hifdzil juz amma tidak tertulis dalam dokumen-dokumen. (b) Program pembelajaran hifdzil juz amma dirancang sendiri oleh kepala madrasah seperti: pemilihan ustadzah-ustadzah, waktu pembelajaran untuk program hifdzil juz amma, dan target kelas 6 harus sudah melaksanakan ujian di pondok pesantren Nahdlatuth Thalabah (Yasinat). (c) Penentuan kelas-kelas peserta didik program hifdzil juz amma ditentukan oleh ustadzah-ustadzah sendiri berdasarkan tingkat kemampuan hafalan peserta didik. (d) Penentuan pembimbing atau ustadzah hasil musyawarah kepala madrasah dan dewan guru lainya dan diharuskan sudah memiliki syahadah (bukti kelulusan hafalan). (2) dalam pelaksanaan pembelajaran program hifdzil juz amma dalam membentuk karakter tanggung jawab peserta didik meliputi: (a) Ustadzah melakukan kegiatan pendahuluan dengan membuka salam, membaca do’a, mempersiapkan alat tulis, buku prestasi serta Al-Qur’an, dan menyuruh peserta didik untuk menghafalkan surah yang sudah dihafalkannya secara bersama-sama. (b) Kegiatan inti yaitu: Bagi peserta didik yang belum melaksanakan ujian di pondok pesantren Nahdlatuth Thalabah (Yasinat), ustadzah memberi waktu kepada peserta didik untuk menyetorkan hafalan kepada ustadzah maju ke depan dan disimak langsung oleh ustadzah dalam hafalannya, setiap hafalan yang disetorkan sesuai dengan kemampuan bagi masing-masing peserta didik, hafalan dilakukan secara mengulang hafalan yang sudah dihafal kemudian dilanjutkan ayat atau surah selanjutnya minimal 8 ayat, peserta didik yang sudah menyetorkan hafalannya kepada ustadzah akan menyimak hafalan bagi teman-teman yang belum menyetorkan hafalan kepada ustadzah. Dan Bagi peserta didik yang sudah melaksanakan ujian di pondok pesantren nahdlatuth Thalabah (Yasinat), Peserta didik menghafalkan surat pilihan seperti surat Yasin, surat Waqiah, Surat Al-Mulk, dan surat pilihan lainnya. Setiap hafalan yang disetorkan sesuai dengan kemampuan bagi masing-masing peserta didik, hafalan dilakukan secara mengulang hafalan yang sudah dihafal kemudian dilanjutkan ayat selanjutnya. Dan Peserta didik yang sudah menyetorkan hafalannya kepada ustadzah akan menyimak hafalan bagi teman-teman yang belum menyetorkan hafalan kepada ustadzah. (d) Kegiatan penutup, yaitu: ustadzah dan peserta didik membaca do’a secara bersama-sama. (3) dalam evaluasi pembelajaran program hifdzil juz amma dalam membentuk karakter tanggung jawab peserta didik meliputi: (a) Evaluasi harian, evaluasi harian dilakukan setiap hari pada kegiatan inti pembelajaran. Setiap peserta didik melakukan setoran langsung kepada ustadzah. Nilainya pun langsung ditulis pada buku prestasi yang dibawa peserta didik. (b) Evaluasi akhir, tahap evaluasi ini penentu lulus atau tidaknya para peserta didik dalam pembelajaran hifdzil juz amma dan juga ustadzah dapat mengetahui sejauh mana penguasaan hafalan peserta didik. Evaluasi akhir ini dilaksanakan tidak mengikuti sekolah formal, namun dilaksanakan pada awal semester 2 yang ada pada sekolah formal. Evaluasi akhir program hifdzil juz amma langsung diuji oleh KH. Imam Baghowi Burhan pengasuh pondok pesantren Nahdlatuth Thalabah (Yasinat).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Fenti Apriliana Devi
Date Deposited: 06 Jul 2022 01:33
Last Modified: 06 Jul 2022 01:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8585

Actions (login required)

View Item View Item