KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENCIPTAKAN BUDAYA LITERASI MELALUI PROGRAM RESENSI BUKU DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) BONDOWOSO

Bintana, Alin Hilwah (2022) KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENCIPTAKAN BUDAYA LITERASI MELALUI PROGRAM RESENSI BUKU DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) BONDOWOSO. Masters thesis, PASCASARJANA UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
Bintana Alin Hilwah_203206010011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Bintana Alin Hilwah, 2022. Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam
Menciptakan Budaya Literasi Melalui Program Resensi Buku di
Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Bondowoso. Tesis Program Studi
Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri
Kiai Haji Ahmad Siddiq Jember. Pembimbing I: Dr. Hj. St. Rodliyah,
M. Pd. Pembimbing II: Dr. H. Mashudi, M. Pd.
Kata Kunci: model kepemimpinan, budaya literasi
Menciptakan budaya literasi dalam gerakan literasi sekolah di madrasah
memang telah menjadi bagian pengembangan yang dilakukan madrasah.
Terciptanya budaya literasi di madrasah salah satunya karena menerapkan model
kepemimpinan. Model kepemimpinan yang digunakan oleh kepala MAN
Bondowoso yaitu model kepemimpinan transformasional dan model
kepemimpinan path-goal. Literasi dasar mencakup literasi baca tulis, literasi
numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi finansial, dan literasi budaya dan
kewargaan.
Fokus penelitian adalah: 1) Bagaimana Model Kepemimpinan Kepala
Madrasah dalam Menciptakan Budaya Literasi melalui Program Resensi Buku di
MAN Bondowoso?. 2) Apa Saja Faktor Penghambat dan Pendukung dalam
Menciptakan Budaya Literasi Melalui Program Resensi Buku di MAN
Bondowoso?. 3) Bagaimana Hasil yang Dicapai Kepala Sekolah dalam
Menciptakan Budaya Literasi Melalui Program Resensi Buku di MAN
Bondowoso.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui Model Kepemimpinan Kepala
Madrasah dalam Menciptakan Budaya Literasi melalui Program Resensi Buku di
MAN Bondowoso; 2) Mengetahui Faktor Penghambat dan Pendukung dalam
Menciptakan Budaya Literasi Melalui Program Resensi Buku di MAN
Bondowoso; 3) Mengetahui Hasil yang Dicapai Kepala Madrasah dalam
Menciptakan Budaya Literasi Melalui Program Resensi Buku di MAN
Bondowoso.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan
dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah, waka kurikulum,
waka kesiswaan, pembina sabha pena, dan siswa. Teknik analisis yang digunakan
adalah analisis interaktif model Miles Huberman dan Saldana. Keabsahan data
yang digunakan adalah triangulasi metode dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian meliputi: 1) Dalam penerapan model kepemimpinan
kepala madrasah menerapkan model kepemimpinan transformasional dan model
kepemimpinan jalur-tujuan (path-goal). 2) Faktor pendukung terciptanya budaya literasi melalui program resensi buku di MAN Bondowoso adalah sarana dan prasarana di madrasah yang cukup memadai. Disedikannya wadah bagi siswa untuk menyalurkan bakat dan minat siswa. Faktor penghambat yang terjadi dalam membudayakan literasi adalah bergesernya minat baca yang awalnya dari buku berpindah melalui platform digital; 3) Hasil nyata dari adanya budaya literasi melalui program resensi buku adalah karya yang telah diterbitkan di media massa seperti Barata Pos dan Jawa Pos serta diterbitkan dimedia online.

Item Type: Thesis (Masters)
Depositing User: Bintana Alin Hilwah
Date Deposited: 25 Aug 2022 04:13
Last Modified: 25 Aug 2022 04:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8605

Actions (login required)

View Item View Item