PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL ULUM SUKOWONO KABUPATEN JEMBER

Riski Sofiatin, Riski sofiatin (2022) PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL ULUM SUKOWONO KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
RISKI SOFIATIN_T20174031_113003.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penanaman pendidikan karakter untuk menjadikan seseorang memiliki
kepribadian yang baik dalam kesehariannya. Pendidikan karakter bisa dilakukan
dengan pembiasaan dalam kesehariannya di mulai sejak dini untuk menumbuhkan
kebiasan-kebiasaan baik untuk membentuk karakter yang baik. Anak Sekolah
Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah cenderung menyerap informasi ataupun
penyampaian materi pada anak melalui kegiatan yang real atau nyata dalam
pembentukan moral anak. Proses pendidikan yaitu membangun watak atau di
sebut membina karakter. Pembinaan karakter yang tanpa kita sadari kita telah bisa
melakukan kedisiplinan, tanggung jawab, hormat dan patuh, memiliki jiwa islami.
Madrasah bila ingin menghasilkan peserta didik yang berkarakter maka madrasah
menyiapkan wadah untuk membentuk karakter.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Tahapan pendidikan karakter di
MI Miftahul Ulum Sukowono Kabupaten Jember? 2) Bagaimana Pelaksanaan
Pendidikan Karakter di MI Miftahul Ulum Kabupaten Jember? 3) Apa Faktor
Pendukung dan Penghambat Pendidikan Karakter di MI Miftahul Ulum
Kabupaten Jember?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
eksploratif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif
Miles, Hubermen dan saldana dengan langkah-langkah: 1) kondensasi data 2)
penyajian data 3) kesimpulan, penarikan/verifikasi. Metode keabsahan data
menggunakan trianggulangi sumber dan trianggulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini adalah : 1) pendidikan karakter di MI Miftahul
Ulum Sukowono Kabupaten Jember yaitu dengan (moral knowing) untuk
menanamkan nilai-nilai kebaikan agar bisa membedakan mana yang benar untuk
dilakukan dan mana yang salah untuk di tinggalkan, tahapan (moral feeling)
dalam menumbuhkan keinginan dari peserta didik itu sendiri untuk melaksanakan
(moral acting) maka peserta didik diminta untuk melakukan kebaikan-kebaikan
itu karna sudah mengetahui hasil dari nilai keberanan dengan kenginginan
sendiri. 2) Proses pelaksanaan pendidikan karakter di MI Miftahul Ulum
Sukowono Kabupaten Jember melakukan dengan menanamkan pendidikan
karater melalui proses religius, disiplin dan tanggung jawab yang dilakukan dalam
kesehariannya dan berulang-ulang baik didalam kelas maupun di luar kelas. 3)
faktor pendukung merupakan kegiatan yang menjadi dukungan dalam
menjalankan kegiatan pendidikan karakter, diantaranya: (a) Lingkungan yang
kondusif (b) Fasilitas yang mendukung (c) Semangat para pendidik (d) Adanya
kerja sama dengan orang tua. Faktor penghambat yang mana menjadi suatu yang
berdampak negatif dalam kegiatan pendidikan karakter baik dari internal maupun
eksternal, diantaranya: (a) Rasa malas dari peserta didik (b) Adanya pengaruh
buruk dari teman sebaya. (c) Ekonomi keluarga yang dirasa kurang memenuhi
dalam membentuk karakter speserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130307 Ethnic Education
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Riski Sofiatin Riski sofiatin
Date Deposited: 06 Jul 2022 02:12
Last Modified: 06 Jul 2022 02:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8608

Actions (login required)

View Item View Item