Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Atas Negeri Arjasa Jember Tahun Pelajaran 2021/2022

Irsyaad, Aufaa Muhammad (2022) Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Atas Negeri Arjasa Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AUFAA MUHAMMAD IRSYAAD_T20181077.pdf

Download (4MB)

Abstract

Dewasa ini pandemi covid-19 tidak hanya menyerang kesehatan manusia namun juga menyerang seluruh sektor kehidupan. Pada sektor pendidikan, pemerintah telah mengambil kebijakan untuk membatasi kegiatan belajar mengajar, akibat dari kebijakan tersebut, menjadikan guru harus mampu berupaya untuk melaksanakan pembelajaran yang efektif dan bermakna bagi peserta didik. Sesuai dengan hasil wawancara dan observasi penulis dengan guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Negeri Arjasa Jember, penulis menemukan fenomena terkait dengan inovasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Negeri Arjasa Jember yaitu dengan cara menerapkan model pembelajaran berbasis proyek dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.

Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana tahap perencanaan model pembelajaran berbasis proyek dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri Arjasa Jember 2021/2022? (2) Bagaimana tahap pelaksanaan model pembelajaran berbasis proyek dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri Arjasa Jember 2021/2022? (3) Bagaimana tahap evaluasi model pembelajaran berbasis proyek dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri Arjasa Jember 2021/2022?

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan tahap perencanaan model pembelajaran berbasis proyek dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri Arjasa Jember 2021/2022. (2) Mendeskripsikan tahap pelaksanaan model pembelajaran berbasis proyek dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri Arjasa Jember 2021/2022. (3) Mendeskripsikan tahap evaluasi model pembelajaran berbasis proyek dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri Arjasa Jember 2021/2022.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi dengan tujuan untuk mendeskripsikan fenomena terkait dengan inovasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri Arjasa Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian menggunakan model Miles dan Huberman dan Saldana yaitu kondensasi data, penyajian data, memverifikasi kesimpulan. Keabsahan data dengan triangulsi sumber dan triangulasi teknik.

Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa (1) Tahap perencanaan model pembelajaran berbasis proyek dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri Arjasa Jember Tahun Pelajaran 2021/2022 dengan melakukan beberapa langkah yaitu merumuskan tujuan pembelajaran atau tujuan proyek, menganalisis karakteristik peserta didik, merumuskan strategi pembelajaran, membuat lembar kerja proyek, merancang kebutuhan sumber belajar, merancang alat evaluasi. (2) Tahap pelaksanaan model pembelajaran berbasis proyek dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri Arjasa Jember Tahun Pelajaran 2021/2022 berdasarkan hasil temuan serta pembahasan ternyata ada dua sintaks yang dapat digunakan dalam menerapkan model pembelajaran proyek yang pertama yaitu mulai pertanyaan esensial, membuat desain rencana proyek, membuat jadwal, memantau peserta didik dan kemajuan proyek, dan menilai hasil sedangkan yang kedua yakni melakukan langkah persiapan sumber belajar, menjelaskan proyek, pembagian kelompok, pengerjaan proyek. (3) Tahap evaluasi model pembelajaran berbasis proyek dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri Arjasa Jember Tahun Pelajaran 2021/2022 yaitu mengevaluasi proses pengerjaan proyek dan mengevaluasi hasil proyek.

Pembelajaran Berbasis Proyek; Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Aufaa Muhammad Irsyaad
Date Deposited: 20 Jul 2022 04:02
Last Modified: 20 Jul 2022 04:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8637

Actions (login required)

View Item View Item