STRATEGI PEMBUDAYAAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA MELALUI KEGIATAN JUM’AT SEJATI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PASURUAN

ila, aminillah (2022) STRATEGI PEMBUDAYAAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA MELALUI KEGIATAN JUM’AT SEJATI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PASURUAN. Undergraduate thesis, UIN KIAI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
AMINILLAH_T20181443.pdf

Download (5MB)

Abstract

Madrasah merupakan harapan dari orangtua untuk membentuk karakter seorang anak setelah mendapat pendidikan didalam keluarganya itu sendiri. Karakter seseorang bisa dibentuk dan dibiasakan dengan cara melakukan hal-hal atau kegiatan yang mendukung karakter tersebut dengan rutin. MAN 1 Pasuruan menggunakan strategi karakter dengan pembudayaan atau pembiasaan. Hal tersebut dilakukan melalui Kegiatan Jum‟at Sejati (KJS). Fokus penelitian dan tujuan yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Unuk Mendeskripsikan Strategi Pembudayaan Pendidikan Karakter Religius Siswa Melalui Kegiatan Jum‟at Sejati di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pasuruan. 2) Unuk Mendeskripsikan Strategi Pembudayaan Pendidikan Tanggung Jawab Siswa Melalui Kegiatan Jum‟at Sejati di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pasuruan. 3) Unuk Mendeskripsikan Strategi Pembudayaan Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Melalui Kegiatan Jum‟at Sejati di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pasuruan. Pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi partisipasi pasif, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah Analisis kualitatif model Miles, Huberman dan Saldana yaitu Kondensasi Data, Penyajian Data dan Penarikan Kesimpulan. Sedangkan untuk menguji Keabsahan Data yang diperoleh peneliti menggunakan Triangulasi Sumber dan Triangulasi Teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan : 1) Strategi pembudayaan religius siswa dalam kegiatan KJS ini siswa melakukan kegitan-kegiatan keagamaan secara rutin setiap jum‟atnya yakni dengan melakukan sholat dhuha berjamaah, istighosah doa bersama, dan ceramah agama. 2) Stategi pembudayaan pendidikan karakter tanggungjawab siswa melalui kegiatan KJS yang dilakukan setiap hari jum‟atnya yaitu dengan melakukan Khotmil Qur‟an yang mengharuskan khatam 30 jus setiap kelasnya dan setiap siswa sudah terbagi setiap juz nya. 3) Strategi pembudayaan karakter peduli lingkungan siswa dapat melalui kegiatan jumat bersih yang terdapat dalam kegiatan KJS itu sendiri. Kata Kunci : pembudayaan karakter, pendidikan karakter, Kegiatan Jum'at Sejati .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220407 Studies in Religious Traditions (excl. Eastern, Jewish, Christian and Islamic Traditions)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220499 Religion and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aminillah ila
Date Deposited: 14 Jul 2022 06:28
Last Modified: 14 Jul 2022 06:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8666

Actions (login required)

View Item View Item