Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina harmoni kerukunan Beragama pada Siswa Di SMP Negeri 2 Jember

Sholihatus Srikaya Hartini, - (2021) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina harmoni kerukunan Beragama pada Siswa Di SMP Negeri 2 Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
SHOLIHATUS SRIKAYA HARTINI_084131256.pdf

Download (4MB)

Abstract

Sholihatus Srikaya Hartini, 2020: Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina harmoni kerukunan Beragama pada Siswa Di SMP Negeri 2 Jember Sebuah lingkungan yang multikultur, dimana terdapat berbagai macam keberagaman agama, sangat membutuhkan perhatian khusus oleh masyarakat. Seperti halnya di SMPN 2 Jember ini yang terdapat berbagai masyarakat majemuk kita harus saling menghargai dan menghormati sesama manusia meskipun berbeda agama. Etika kerukunan mengajarkan manusia untuk dapat hidup berdampingan dengan orang lain dalam menumbuhkan kesadaran indahnya kebersamaan dalam masyarakat majemuk. Hal ini hendaknya diterapkan juga pada anak didik agar menjadi masyarakat sekolah yang harmonis dan kompak di tengah keragaman. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan 1). Peran guru pendidikan agama Islam sebagai edukator dalam membina harmoni kerukunan beragama pada siswa di SMP Negeri 2 Jember. 2) Peran guru pendidikan agama Islam sebagai motivator dalam membina harmoni kerukunan pada siswa beragama di SMP Negeri 2 Jember. 3) Peran guru pendidikan agama Islam sebagai evaluator dalam membina harmoni kerukunan beragama di SMP Negeri 2 Jember. Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian terletak di SMPN 2 Jember. Dalam penelitian ini, teknik yang digunakan adalah meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Sedangkan keabsahan data diperkuat dengan melakukan pengecekan data menggunakan triangulasi sumber. Dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi ditemukan bahwa: 1). Memberikan pendidikan kepada siswa secara realistis. Memberikan contoh sikap yang baik untuk guru yang lain terutama guru yang non muslim. Memberikan pengarahan kepada siswa-siswi terkait kerukunan.Memberikan teguran jika perlu kepada siswa yang melewati batas.mengingatkan agar para siswa berlaku dan bersikap sopan terhadap temannya. Memberikan penguatan dan bimbingan dalam bersikap terhadap siswa non muslim.mengadakan kegiatan-kegiatan yang bersifat agamis dan bermanfaat yakni berinfaq, jum’at bersih, dan sebagainya. 2). Menjadikan dirinya sebagai tauladan yang baik. Meningatkatkan kedisiplinan dan standar perilakunya. Membantu siswa untuk mengingatkan agar saling menghargai dan menghormati sesama siswa. Menanamkan sikap saling menghargai terhadap sesama siswa. Memberikan kelonggaran terhadap sisswa non muslim saat mengikuti pelajaran PAI. 3). Melakukan evaluasi terhadap siswa dari sikap kesopanan, menghormati, dan menghargai satu sama lain. Melakukan evaluasi dari perubahan sikap siswa. Melakukan evaluasi dari cara bergaul siswa terhadap yang lain. Mengadakan kerjasama dengan guru BP/BK terkait siswaa Kata Kunci : Peran Guru PAI, kerukunan antar agama

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 05 Jul 2022 04:09
Last Modified: 05 Jul 2022 04:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8675

Actions (login required)

View Item View Item