PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM BIOLOGI BERBASIS PENDEKATAN ILMIAH (SCIENTIFIC APPROACH) UNTUK SISWA KELAS X IPA DI SMA NURUL ISLAM JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Hikmah, Ifatul (2022) PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM BIOLOGI BERBASIS PENDEKATAN ILMIAH (SCIENTIFIC APPROACH) UNTUK SISWA KELAS X IPA DI SMA NURUL ISLAM JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Ifatul Hikmah_T20188002.pdf

Download (7MB)

Abstract

Ifatul Hikmah, 2022: Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Biologi
Berbasis Pendekatan Ilmiah (Scientific Approach) untuk Siswa Kelas X
IPA Semester Genap di SMA Nurul Islam Jember Tahun Pelajaran
2021/2022
Kata Kunci: Buku Petunjuk Praktikum, Pendekatan ilmiah (Scientific
Approach),
Buku petunjuk praktikum adalah sebuah buku yang disusun untuk
membantu pelaksanaan praktikum yang memuat judul percobaan, tujuan,
dasar teori, alat dan bahan, dan pertanyaan yang mengarah pada tujuan
dengan mengikuti kaidah penulisan ilmiah. Berdasarkan hasil wawancara
kepada guru biologi diketahui bahwa sekolah belum menyediakan buku
petunjuk praktikum untuk guru dan siswa, sehingga kegiatan praktikum
belum bisa berjalan dengan sistematis. Berdasarkan analisis kebutuhan
siswa kelas X IPA 3 SMA Nurul Islam Jember, diketahui bahwa
dibutuhkan buku petunjuk praktikum untuk mempermudah mereka dalam
proses kegiatan praktikum, hal ini dikarenakan 70% peserta didik merasa
kesulitan dalam melakukan praktikum, dan dibutuhkan sebuah arahan atau
acuan yang dapat membantu peserta didik dalam melakukan kegiatan
praktikum agar peserta didik lebih memahami langkah-langkah dalam
kegiatan praktikum.
Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Mendeskripsikan kevalidan buku
petunjuk praktikum biologi berbasis pendekatan ilmiah (Scientific
Approach) untuk siswa kelas X IPA semester genap di SMA Nurul Islam
Jember dan 2) Mendeskripsikan kepraktisan buku petunjuk praktikum
biologi berbasis pendekatan ilmiah (Scientific Approach) untuk siswa
kelas X IPA semester genap di SMA Nurul Islam Jember.
Jenis penelitian yang digunakan merupakan Research and
Development dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design,
Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di
SMA Nurul Islam Jember, instrumen pengumpulan data yang digunakan
adalah pedoman wawancara dan lembar angket. Dalam penelitian ini
menggunakan 3 validator ahli materi, 2 validator ahli media, dan 1
validator ahli bahasa
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil validasi ahli
materi memperoleh persentase 94,8% dengan kategori sangat valid, rata-
rata hasil uji validitas dari ahli media diperoleh persentase 93,6% dengan
kategori sangat valid, rata-rata hasil uji validitas dari ahli bahasa diperoleh
persentase 96,5% dengan kategori sangat valid, hasil validasi kepada guru
diperoleh persentase 80,3% dengan kategori valid dan hasil rata-rata
angket respons siswa memperoleh persentase 84,6% dengan kategori
sangat praktis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0602 Ecology > 060201 Behavioural Ecology
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060701 Phycology (incl. Marine Grasses)
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0608 Zoology > 060801 Animal Behaviour
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Mrs Ifatul Hikmah
Date Deposited: 09 Aug 2022 08:10
Last Modified: 09 Aug 2022 08:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8684

Actions (login required)

View Item View Item