Manajemen Kesiswaan dalam Pengembangan Kecerdasan Intelektual-Emosional Peserta Didik (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum 03 Paleran Tahun Ajaran 2021-2022)

Pratama, Azizah Yesi (2022) Manajemen Kesiswaan dalam Pengembangan Kecerdasan Intelektual-Emosional Peserta Didik (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum 03 Paleran Tahun Ajaran 2021-2022). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI AZIZAH WATERMARK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Azizah Yesi Pratama, 2022. Manajemen Kesiswaan dalam Pengembangan Kecerdasan Intelektual-Emosional Peserta Didik (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum 03 Paleran).
Kata Kunci: Manajemen Kesiswaan, Kecerdasan Intelektual-Emosional
Manajemen kesiswaan adalah seluruh proses atau rangkaian kegiatan yang direncanakan dan diusahakan secara sengaja serta pembinaan secara kontinyu terhadap seluruh peserta didik di lembaga pendidikan agar dapat mengikuti proses belajar mengajar dengan efektif dan efisien.
Fokus penelitian pada skripsi ini adalah : 1) Bagaimana Rekrutmen Kesiswaan dalam Pengembangan Kecerdasan Intelektual-Emosional Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum 03 Paleran Tahun Ajaran 2021-2022? 2) Bagaimana Pengembangan Kesiswaan dalam Pengembangan Kecerdasan Intelektual-Emosional Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum 03 Paleran Tahun Ajaran 2021-2022?
Tujuan penelitian pada skripsi ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan Rekrutmen Kesiswaan dalam Pengembangan Kecerdasan Intelektual-Emosional Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum 03 Paleran Tahun Ajaran 2021-2022. 2) Untuk mendeskripsikan Pengembangan Kesiswaan dalam Pengembangan Kecerdasan Intelektual-Emosional Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum 03 Paleran Tahun Ajaran 2021-2022.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles Huberman dan Saldana dengan langkah-langkah : 1) Kondensasi data 2) Penyajian data 3) Penarikan Kesimpulan. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil kesimpulan penelitian ini adalah: 1) Rekrutmen peserta didik baru di MI Miftahul Ulum 03 Paleran dengan menggunakan: calon peserta didik langsung datang dan daftar ke kantor madrasah yang nantinya akan menemui panitia penerimaan peserta didik baru dan calon peserta didik baru bersama orang tuanya juga mengisi formulir pendaftaran di kantor madrasah. Penyelenggaraan Matsama atau masa orientasi dalam rangka mengenalkan lingkungan madrasah dan mengembangkan kognisi peserta didik baru. 2) Pengembangan peserta didik dalam pengembangan kecerdasan intelektual-emosional di MI Miftahul Ulum 03 Paleran: a) intrakurikuler; pembelajaran di kelas. b) ekstrakurikuler ; hadrah, pramuka, marching band, catur, paskibra, MIPA, sepak bola, dan layanan bimbingan konseling. Untuk pengembangan kecerdasan intelektual dilakukan dalam proses pembelajaran berlangsung, sedangkan dalam pengembanagan kecerdasan emosional yang ditangani oleh tim BK atau bimbingan konseling, meliputi kegiatan penyuluhan dan seminar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Depositing User: Ms. Azizah Yesi Pratama
Date Deposited: 06 Jul 2022 03:08
Last Modified: 06 Jul 2022 03:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8717

Actions (login required)

View Item View Item