Diana, Nadhifah (2022) Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Ditinjau dari Kecerdasan Intelektual dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII di MTsN 2 Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
diana.pdf Download (7MB) |
Abstract
Kemampuan berpikir kreatif matematis penting dimiliki untuk menyelesaikan soal matematika, baik bagi siswa yang memiliki kecerdasan intelektual sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah, dan sangat rendah.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa ditinjau dari tingkat kecerdasan intelektual sangat tinggi dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar, 2) Mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa ditinjau dari tingkat kecerdasan intelektual tinggi dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar, 3) Mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa ditinjau dari tingkat kecerdasan intelektual sedang dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar, 4) Mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa ditinjau dari tingkat kecerdasan intelektual rendah dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar, 5) Mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa ditinjau dari tingkat kecerdasan intelektual sangat rendah dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data yaitu angket kecerdasan intelektual, tes kemampuan berpikir kreatif matematis, wawancara dan dokumentasi hasil tes kemampuan berpikir kreatif matematis. Subjek dalam penelitian ini menggunakan 5 subjek dan pemilihan subjek berdasarkan metode purposive sampling. Analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Siswa dengan kategori kecerdasan intelektual sangat tinggi dengan kode SST kemampuan berpikir kreatif matematisnya berada pada level 3 (Kreatif), sebab subjek memenuhi indikator kefasihan dan kebaruan saja serta tidak memenuhi indikator fleksibilitas. 2) Siswa dengan kategori kecerdasan intelektual tinggi dengan kode ST kemampuan berpikir kreatif matematisnya berada pada level 4 (Sangat Kreatif), sebab subjek memenuhi semua indikator yakni kefasihan, fleksibilitas dan kebaruan, 3) Siswa dengan kategori kecerdasan intelektual sedang dengan kode SS kemampuan berpikir kreatif matematisnya berada pada level 1 (Kurang Kreatif), sebab subjek memenuhi indikator kefasihan saja serta tidak memenuhi indikator fleksibilitas dan kebaruan. 4) Siswa dengan kategori kecerdasan intelektual rendah dengan kode SR kemampuan berpikir kreatif matematisnya berada pada level 1 (Kurang Kreatif), sebab subjek memenuhi indikator kefasihan saja serta tidak memenuhi indikator fleksibilitas dan kebaruan. 5) Siswa dengan kategori kecerdasan intelektual sangat rendah dengan kode SSR kemampuan berpikir kreatif matematisnya berada pada level 0 (Tidak Kreatif), sebab subjek tidak memenuhi indikator kefasihan, fleksibilitas dan kebaruan.
Kata Kunci: kemampuan berpikir kreatif matematis, kecerdasan intelektual.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0105 Mathematical Physics > 010504 Mathematical Aspects of General Relativity 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Depositing User: | Nona Diana Nadhifah |
Date Deposited: | 06 Jul 2022 07:48 |
Last Modified: | 06 Jul 2022 07:48 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8727 |
Actions (login required)
View Item |