Inovasi pembelajaran aqidah akhlak dengan menggunakan kitab aqidatul awwam pada kelas VII di MTs NUANSYA Paspan Banyuwangi tahun pelajaran 2021/2022

NURUL, HUDA (2022) Inovasi pembelajaran aqidah akhlak dengan menggunakan kitab aqidatul awwam pada kelas VII di MTs NUANSYA Paspan Banyuwangi tahun pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NURUL HUDA T20181323.pdf

Download (3MB)

Abstract

NURUL HUDA, 2022: Inovasi Pembelajaran Aqidah Akhlak Dengan Menggunakan Kitab Aqidatul Awwam Pada Kelas VII Di MTs Nuansya Paspan Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021/2022
Kata Kunci : Inovasi, Aqidah Akhlak, Kitab Aqidatul Awwam
Kegiatan pembelajaran perlu kiranya sebuah hal yang baru dalam mengatasi kekurangan dalam sistem pembelajaran khususnya dalam segi karakter. Karena fakta dilapangan banyak menunjukan tidak sedikit lulusan akademisi yang hanya memiliki kecerdasan akademik namun lemah dalam segi karakter. Penambahan sumber belajar kitab Aqidatul Awwam adalah suatu inovasi yang tepat dalam mengatasi hal tersebut. Karena kitab ini berisi pemahaman aqidah dasar yang fungsinya membekali para akademisi dalam menghadapi pemahaman-pemahaman yang tidak sesuai dengan norma-norma agama dan negara.
Fokus penelitian dalam karya ini adalah : 1) Bagaimana inovasi pembelajaran aqidah akhlak dengan menggunakan sumber belajar kitab aqidatul awwam pada kelas VII di MTs Nuansya Paspan Banyuwangi?. 2) Bagaimana implikasi dari inovasi pembelajaran aqidah akhlak dengan menggunakan sumber belajar kitab aqidatul awwam terhadap karakter siswa kelas VII di MTs Nuansya Paspan Banyuwangi?. Tujuan dalam penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana inovasi pembelajaran aqidah akhlak dengan menggunakan sumber belajar kitab aqidatul awwam pada kelas VII di MTs Nuansya Paspan Banyuwangi. 2) Untuk mendeskripsikan implikasi dari inovasi pembelajaran aqidah akhlak dengan menggunakan sumber belajar kitab aqidatul awwam terhadap karakter siswa kelas VII di MTs Nuansya Paspan Banyuwangi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian kualitatif deskriptif, pelaksaan kegiatan penelitian di wilayah MTs Nuansya Paspan Banyuwangi, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik, dan dalam menganalisis data menggunakan model Miles and Huberman yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Pembelajaran Aqidah Akhlak dengan menggunakan kitab aqidatul awwam di MTs Nuansya Paspan Banyuwangi dilakukan seperti pembelajaran pada umumnya. Tetapi ada penambahan kegiatan membaca bait nadzom bersama, dan guru mengaitkan isi pembelajaran di buku lembar kerja siswa (LKS) dengan materi di kitab aqidatul awwam, serta evaluasi kegiatan dengan menggunakan soal-soal singkat yang terdapat di dalam LKS dan kitab aqidatul awwam. 2) Implikasi dari pembelajaran aqidah akhlak dengan menggunakan kitab aqidatul awwam terhadap karakter siswa kelas VII di MTs Nuansya Paspan Banyuwangi, menghasilkan dampak positif bagi para siswa, yang diataranya adalah, bertambahnya kemampuan siswa dalam membaca kitab kuning, dan bertambahnya nilai karakter religius yang dibuktikan dengan siswa lebih memperhatikan guru saat berbicara, serta nilai integritas yang dibuktikan dengan siswa yang lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan yakni dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: NURUL HUDA
Date Deposited: 06 Jul 2022 08:02
Last Modified: 06 Jul 2022 08:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8747

Actions (login required)

View Item View Item