Sabrina, Nurul (2022) PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI TERINTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN UNTUK SISWA KELAS X IPA DI MADRASAH ALIYAH 03 AL-MA’ARIF WULUHAN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
nurul watermark.pdf Download (20MB) |
Abstract
Nurul Sabrina, 2022: Pengembangan Modul Bioloi Terintegrasi Nilai-Nilai
Keislaman Pada Materi Perubahan Lingkungan Untuk Siswa Kelas X IPA Di
Madrasah Aliyah 03 Al-Ma’ari Wuluhan Jember.
Kata kunci: Modul biologi, terintegrasi keislam, perubahan lingkungan
Modul pembelajaran untuk sekolah Islami harus memiliki ciri khas, yaitu
seperti menambahkan nuansa Islami di dalam bahan ajar yang digunakan sesuai
dengan tujuan sekolah yaitu menyiapkan peserta didik agar mampu menjadi anggota
masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan yang
dijiwai suasana Islami.
Tujuan penelitian dan pengembangan: 1) Untuk mendeskripsikan Kevalidan
Modul sebagai Bahan Ajar Biologi Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman pada Materi
Perubahan Lingkungan untuk Siswa Kelas X IPA di MA 03 Al-Ma’arif Wuluhan
Jember. 2) Untuk mendeskripsikan Kemenarikan Modul sebagai Bahan Ajar Biologi
Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman pada Materi Perubahan Lingkungan untuk Siswa
Kelas X IPA di MA 03 Al-Ma’arif Wuluhan Jember. 3) Untuk mendeskripsikan
Keefektifan Modul sebagai Bahan Ajar Biologi Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman
pada Materi Perubahan Lingkungan untuk Siswa Kelas X IPA di MA 03 Al-Ma’arif
Wuluhan Jember.
Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D menggunakan model ADDIE
yaitu yang terdiri dari lima tahap: Analisis, Design, Develoment, Implementation, dan
Evaluation. Subjek validasi produk adalah dilakukan dengan melibatkan tim ahli
bahasa, ahli materi, ahli media, ahli tafsir dan hadist, dan guru biologi. Untuk uji
kemenarikan yaitu menggunakan angket respon siswa, dan untuk uji efektivitas
menggunakan pretest dan posttest. Teknik penumpulan data menggunakan lembar
angket, lembar validasi, pedoman wawancara dan soal tes. Data dianalisis
mengunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitati.
Hasil penelitian dan pengembangan dapat disimpulkan bahwa: 1) Hasil
analisis kevalidan ahli media memperoleh presentase rata-rata sebesar 90,3% yang
berarti tergolong sangat valid, ahli bahasa sebesar 93% yang berarti sangat valid, ahli
materi sebesar 84,8% yang berarti tergolong sangat valid, ahli tafsir dan hadist
sebesar 93,2% berarti tergolong sangat valid, dan guru biologi sebesar 94,1% yang
berarti tergolong sangat valid. 2) Hasil uji respon siswa dihasilkan skor presentase
92,7% dengan kategori sangat menarik untuk uji coba kelompok kecil, dan 91,06%
dengan kategori sangat menarik untuk uji coba kelompok besar. 3) Hasil kefektivan
yaitu hasil nilai rata-rata posttest lebih tinggi dari nilai pretest. Berdasarkan hasil uji
Paired Sample T Test memiliki t hitung -31,623 sedangkan t tabel 2,093 sehinga
diperoleh t hitung lebih besar dari t tabel (31,623 > 2,093). Jadi, dapat disimpulkan
bahwa modul biologi terintegrasi nilai-nilai keislaman pada materi perubahan
lingkungan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0501 Ecological Applications > 050101 Ecological Impacts of Climate Change |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Nurul Sabrina |
Date Deposited: | 06 Jul 2022 07:38 |
Last Modified: | 06 Jul 2022 07:38 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8760 |
Actions (login required)
View Item |