Implementasi Nilai-nilai Mata Kuliah Islamic Entrepreneurship Pada Praktik Bisnis Online Oleh Mahasiswa Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

Aulia, Nur'aini Mas (2022) Implementasi Nilai-nilai Mata Kuliah Islamic Entrepreneurship Pada Praktik Bisnis Online Oleh Mahasiswa Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nur'aini Mas Aulia_E20182278.pdf

Download (3MB)

Abstract

Banyak mahasiswa tertarik menjalankan praktik bisnis online hari ini. Mengikuti mata kuliah Islamic Entrepreneurship bisa menjadi bekal awal pengetahuan untuk menjalankan bisnis sesuai syariah. Nilai-nilai mata kuliah Islamic Entrepreneurship memiliki peran dalam membentuk jiwa wirausaha, sebagai kegiatan transfer of value wirausaha agar ketika mahasiswa menjalankan usaha atau bisnisnya berpedoman pada ketentuan Allah SWT di dalam Al-Qur’an dan petunjuk Rasulullah SAW.
Fokus penelitian ini yaitu, 1) Bagaimana praktik bisnis online yang dijalankan oleh mahasiswa Ekonomi Syariah UIN KHAS Jember? 2) Bagaimana nilai-nilai mata kuliah Islamic Entrepreneurship yang diterapkan pada praktik bisnis online oleh mahasiswa Ekonomi Syariah UIN KHAS Jember? 3) Bagaimana relevansi nilai-nilai mata kuliah Islamic Entrepreneurship pada praktik bisnis online oleh mahasiswa Ekonomi Syariah UIN KHAS Jember?.
Tujuan penelitian ini yaitu, 1) Untuk mendeskripsikan praktik bisnis online yang dijalankan oleh mahasiswa Ekonomi Syariah UIN KHAS Jember. 2) Untuk mengetahui nilai-nilai mata kuliah Islamic Entrepreneurship yang diterapkan pada praktik bisnis online oleh mahasiswa Ekonomi Syariah UIN KHAS Jember. 3) Untuk mengetahui relevansi nilai-nilai mata kuliah Islamic Entrepreneurship pada praktik bisnis online oleh mahasiswa Ekonomi Syariah UIN KHAS Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun penentuan subjek penelitian menggunakan purposive, serta teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi non partisipatif dan dokumentasi.
Penelitian ini mendapatkan kesimpulan 1) Praktik bisnis online yang dijalankan oleh mahasiswa yaitu melakukan perencanaan bisnis dengan cara memilih produk sebelum dijual ke pembeli, mengelola dan mengevaluasi keuangan, dan fokus pada strategi pemasaran. 2) Mahasiswa dalam menjalankan praktik bisnis online sudah sejalan dengan nilai-nilai Mata Kuliah Islamic Entrepreneurship (Prinsip dan Etika wirausaha syariah), yaitu mahasiswa menerapkan prinsip kebebasan, keadilan, akhlak yang baik yang meliputi nilai kejujuran, amanah, sabar, pemaaf, menepati janji serta dermawan, dan yang terakhir mahasiswa memperhatikan nilai-nilai dalam transaksi perdagangan. 3) Adanya relevansi antara nilai-nilai mata kuliah Islamic Entrepreneurship dengan praktik bisnis online mahasiswa, yaitu seorang pelaku bisnis harus kembali kepada Al-Qur’an dan al-hadits atau menerapkan prinsip dan etika wirausaha syariah sebagai pedoman dalam menjalankan praktik bisnis online di dunia.

Kata Kunci: Mata Kuliah Islamic Entrepreneurship, Bisnis Online, kewirausahaan Islam, Mahasiswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140299 Applied Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Nur'aini Mas Aulia
Date Deposited: 11 Jul 2022 02:54
Last Modified: 11 Jul 2022 02:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8768

Actions (login required)

View Item View Item