Jamilah, mila (2022) Pengaruh Status Sertifikasi dan Motivasi Kerja terhadap Profesionalisme Guru Rumupun Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Masters thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.
Text
JAMILAH-0849318015 revisi.pdf Download (19MB) |
Abstract
ABSTRAK
Jamilah, 2022. Pengaruh Status Sertifikasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Profesionalisme Guru Rumpun Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Tsanawiyah Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2021/2022 Tesis. Program Studi Pendidikan Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Achmad Sidiq Jember. Pembimbing I : Dr. H. Moh Sahlan, M.Ag. Pembimbing II : Dr. Moh Sutomo, M.Pd.
Kata Kunci : Status Sertifikasi, Motivasi Kerja, Profesionalisme Guru.
Peningkatan kualitas pendidikan tentunya harus didukung dengan adanya peningkatan mutu guru untuk menjadi profesional. Sebutan guru profesional mengacu pada guru yang telah mendapat pengakuan dalam bentuk surat keputusan, ijasah, akta, dan sertifikat. Selain itu, profesionalisme guru dipengaruhi oleh faktor motivasi kerja. Mengingat tugas guru yang sangat penting dalam menghasilkan lulusan yang siap melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi, profesionalisme guru harus diperhatikan dengan sebaik-baiknya.
Penelitian ini menguji secara empiris variabel-variabel dalam penelitian yang telah dirumuskan dalam rumusan masalah yaitu : (1) Adakah pengaruh status sertifikasi dan motivasi kerja terhadap profesionalisme guru rumpun pendidikan agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Kecamatan Tanggul ?. (2) Adakah pengaruh motivasi kerja terhadap profesionalisme guru rumpun pendidikan agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Kecamatan Tanggul ?. (3) Adakah pengaruh interaksi status sertifikasi dan motivasi kerja terhadap profesionalisme guru rumpun pendidikan agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Kecamatan Tanggul ?.
Adapun tujuan dalam penelitian ini sebagai berikut : (1) untuk menguji pengaruh status sertifikasi terhadap profesionalime guru rumpun pendidikan agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Kecamatan Tanggul. (2) Untuk menguji pengaruh motivasi kerja terhadap profesionalisme guru rumpun pendidikan agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Kecamatan Tanggul. (3) untuk menguji pengaruh interaksi status sertifikasi dan motivasi kerja terhadap profesionalisme guru rumpun pendidikan agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Kecamatan Tanggul.
Pendekatan dan jenis penelitian menggunakan penelitian kuantitatif. Menurut sifat analisis menngunakan penelitian korelasi, jenis univariat. Adapun dalam penelitian ini, variabel independen-nya adalah status sertifikasi dan motivasi kerja sedangkan variabel dependen-nya Profesionalisme guru. Populasi semua guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Kecamatan Tanggul sejumlah 74 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan tekhnik penelitian populasi dikarenakan subjek kurang dari 100 orang. Tekhnik pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis varian dibantu dengan aplikasi SPSS versi 21.
Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) tidak ada pengaruh yang signifikan status sertifikasi terhadap profesionalisme guru rumpun pendidikan agama Islam yang ditunjukkan dari hasil analisis varian diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.603 > 0.05, (2) Terdapat pengaruh yang signiifkan motivasi kerja terhadap profesionalisme guru rumpun pendidikan agama Islam menunjukkan nilai dengan tingkat signifikansi 90.9% (a = 0.05). Angka signifikasi (P value) sebesar 0.000 < 0.05. Atas dasar perbandingan tersebut maka Ho ditolak. (3) Tidak ada pengaruh interaksi antara status sertifikasi dan motivasi kerja terhadap profesionalisme guru rumpun pendidikan agama Islam yang ditunjukan dari hasil analisis varian diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.193 > 0.05.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Jamilah Mila Mila |
Date Deposited: | 06 Jul 2022 08:26 |
Last Modified: | 06 Jul 2022 08:26 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8769 |
Actions (login required)
View Item |